Membanggakan, Dosen UM Wakili Indonesia Berbicara di Forum Pangan Dunia

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

25 Oktober 2023 09:15 25 Okt 2023 09:15

Thumbnail Membanggakan, Dosen UM Wakili Indonesia Berbicara di Forum Pangan Dunia Watermark Ketik
Isnawati saat memberikan gagasannya di Forum Pangan Dunia di Roma Italia. (Foto: Dokumentasi Isnawati)

KETIK, MALANG – Dosen Ekonomi Pembangunan dari Universitas Negeri Malang (UM), Isnawati Hidayah (29) mendapat kehormatan tampil di World Food Forum di Roma, Italia (16-20/10/2023). Forum Pangan Dunia bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan berfokus pada isu pangan dan pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Isnawati menyinggung peran ilmuwan muda dalam mengatasi masalah rawan pangan dan perubahan iklim. Menurutnya keduanya disebabkan oleh gagalnya sistem pertanian pangan yang kini terjadi.

"Kolaborasi multidisiplin dan melibatkan ilmu pengetahuan, sekaligus riset sangatlah penting dalam pembuatan kebijakan dan program. Khususnya penerapan ini harus dilakukan oleh pemangku kebijakan dan seluruh perwakilan negara yang hadir," ujar Isnawati.

Hebatnya lagi, Isnawati menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam Young Scientist Group World Food Forum. Grup tersebut terdiri atas 16 ilmuwan muda yang terpilih dan lolos seleksi dari pendaftar di seluruh dunia.

Menurutnya, hadirnya perwakilan tingkat tinggi mampu menambah keberagaman cara pandang dan berfikir dalam acara tersebut. Hingga terciptalah platform penting untuk mendiskusikan isu-isu global terkait ketahanan pangan dan perubahan iklim.

Para pemangku kepentingan hingga ilmuwan muda saling berbagi gagasan dan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi sistem pertanian pangan.

"Semoga upaya ini dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam mewujudkan ketahanan pangan global," lanjutnya.

Isnawati mengaku sangat bangga dapat tampil dan menyampaikan gagasannya dalam forum tersebut. Kini, ia bersama beberapa rekannya tengah merintis lembaga ROTASI Institute yang fokus dalam meningkatkan ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat pinggiran.

"Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga karena saya dapat menyuarakan kegundahan para ilmuwan muda di forum tingkat tinggi yakni Forum Pangan Dunia," jelasnya.

Kini Isnawati tengah menempuh pendidikan doktoralnya oada program Joint PhD antara Universitas Sapienza Roma Italia dan Universitas Leiden, Belanda.

Tombol Google News

Tags:

Forum Pangan Dunia World Food Forum Roma Italia Dosen UM Isnawati Hidayah