Harlah, Ini Refleksi PC LP Ma'arif NU Situbondo

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2024 19:30 19 Sep 2024 19:30

Thumbnail Harlah, Ini Refleksi PC LP Ma'arif NU Situbondo Watermark Ketik
Ketua PC LP Maarif NU Situbondo DR H Muhammad Faris, MPd saat pimpin upacara peringatan Hari Lahir ke-95 LP Ma'arif , di Alun-alun Besuki. (Foto: Abdul Hakim/ketik co.id)

KETIK, SITUBONDO – Ketua PC LP Maarif NU Situbondo DR H Muhammad Faris, memimpin upacara peringatan Hari Lahir LP Ma'arif ke-95 dengan tema "Merawat Wawasan Membangun Martabat", di Alun-alun Besuki, Kamis 19 September 2024. 

Turut dihadiri dalam upacara ini, diantaranya Rois Syuriah PCNU Kabupaten Situbondo, KH Zainul Muin, Kepala Kemenag Situbondo, H. Fandi, Forkopimka Besuki, Kepala Madrasah mulai tingkat Tsanawiyah hingga Aliyah se-Besuki Raya, Pengurus MWC NU se-Besuki Raya, Lembaga Pendidikan Ma'arif dan Banom NU se-Besuki Raya, serta tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Ketua PC LP Maarif NU Situbondo, Muhammad Faris menyampaikan amanat Ketua LP Ma'arif NU, H Muh Ali Mardani.

"LP Ma'arif NU merupakan lembaga di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU), yang belakangan ini memiliki peran yang semakin signifikan dalam menghadirkan ekosistem pendidikan yang sehat dan kondusif untuk tumbuh kembangnya guru dan para murid," ujar Faris. 

Sebagai departementasi jam'iyah Nahdlatul Ulama, LP Ma'arif NU melalui penyelengaraan lembaga pendidikan selama 95 tahun telah berupaya secara optimal berkhidmah menjalankan kebijakan-kebijakan NU dalam bidang pendidikan.

Di antaranya, LP Ma'arif NU telah menjalankan berbagai program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas, kualitas, dan reputasi madrasah dan sekolah LP Ma'arif NU di kancah nasional. 

"LP Ma'arif NU juga telah menjalankan berbagai program peningkatan kompetensi guru dan kepala madrasah/ sekolah," ujar Faris. 

Selain itu, LP Ma'arif NU juga memberikan perhatian yang kuat dalam menghadirkan generasi Nahdlatul Ulama yang unggul melalui program pembentukan karakter siswa yang tangguh, dan menyiapkan generasi muda mengembangkan potensi dan memperoleh ilmu pengetahuan.

Dan pada usianya ke-95 ini, LP Ma'arif NU bertekad melanjutkan program-program yang berorientasi pada penguatan ekosistem pendidikan yang sehat dan kondusif bagi lahirnya generasi nahdliyin yang unggul di masa depan. 

Pola pengembangan LP Ma'arif NU salah satunya adalah Muqaddimah Qanun Asasi karya Hadratussyekh Hasyim Asy'ari. Dalam karya ini disebutkan empat pilar pendidikan penting yang harus diperhatikan NU dan warga negara bangsa (nation state) untuk peningkatan kualitas manusia. 

"Di dalam pelajaran ini ada madzab madzab yang paling pas untuk dikembangkan, pelajaran aswaja annahdliyah yang wawasannya itu wawasan kenusantaraan, jadi bagi yang ada di nusantara ya harus belajar tentang kenusantaraan yang di tuang di dalam pelajaran aswaja annahdliyah," tegasnya. 

Dengan masuknya pelajaran Aswaja di sekolah atau madrasah, harapannya bagaimana mereka itu punya kesadaran untuk menjalankan agama kemudian menjalankan keagamaan karena melalui pendidikan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak, baik dari segi akhlak, spiritualitas, akademik, maupun sosial. 

"Melalui pendidikan ini, diharapkan lahir generasi penerus yang mampu mengemban nilai-nilai Aswaja dalam kehidupan pribadi dan sosial, serta menjadi teladan bagi lingkungan mereka," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua PC LP Ma'arif NU Situbondo Pimpin Upacara Harlah ke-95 LP Ma'arif Alun-alun Besuki NAHDLATUL ULAMA LP Maarif