Resmi, Bupati Lamongan Jadi Kamabicab Gerakan Pramuka, Ini Pesan Ketua Kwarda Jatim

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

19 September 2024 20:30 19 Sep 2024 20:30

Thumbnail Resmi, Bupati Lamongan Jadi Kamabicab Gerakan Pramuka, Ini Pesan Ketua Kwarda Jatim Watermark Ketik
Pelantikan Kamabicab Gerakan Pramuka Lamongan. (Foto: Humas Kwarda Jatim)

KETIK, LAMONGAN – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Jawa Timur H. M. Arum Sabil, S.P., S.H. melantik Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka (Kamabicap) Lamongan di Balai Pendopo Kabupaten Lamongan pada Kamis 19 September 2024.

Selain itu, Ketua Kwarda Jatim juga melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh. Nalikan, MM. sebagai Ketua Kwarcab Lamongan.

Kak Arum mengingatkan sesuai undang-undang no 12 tahun 2010 bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah bertugas membimbing, mendukung, dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Majelis pembimbing dalam hal ini Bupati Lamongan harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka," terangnya saat sambutan.

Arum Sabil mengapresiasi keaktifan Kwarcab Lamongan dalam pelaksanaan kegiatan pramuka. Tidak hanya di tingkat lokal, daerah, bahkan nasional dan internasional.

"Akan disiapkan penghargaan khusus bagi Kwarcab Lamongan," jelas Arum.

Menurutnya, Kwarda Jatim mengajak anggota Gerakan Pramuka untuk terlibat aktif dalam program pramuka produktif, khususnya dalam bidang perkebunan, perikanan, dan pertanian.

Program Pramuka Produktif merupakan sebuah upaya untuk membangun SDM dan kualitas anggota gerakan pramuka untuk siap menghadapi tantangan persaingan dunia.

"Pramuka tidak boleh sekedar diberikan ilmu kepanduan, namun sekarang Gerakan Pramuka harus lebih inovatif dengan berbagai kegiatan yang produktif. Sehingga kedepan mampu menjadi generasi penemu dan pencipta," jelas Arum Sabil.

Ia menamnahkan hal itu adalah sebuah semangat yang tidak akan pernah padam bagi anggota Gerakan Pramuka, untuk terus menjadi manusia Pancasila.

"Pancasila adalah pegangan hidup Way Of Life, bagi warga Negara Indonesia," jelasnya.

Arum menambahkan Bangsa Indonesia dengan Pancasila, sampai saat ini terus tegak berdiri dengan berbagai suku, ras, budaya, bahasa dan agama.

"Inilah pentingnya Pancasila untuk menjaga NKRI, dan di sinilah pentingnya gerakan pramuka untuk menumbuh suburkan manusia-manusia Pancasila," tuturnya.

Sebagai penutup, Kak Arum juga berpesan untuk terus menyatukan tekad dan persatuan Gerakan Pramuka. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Kwarda Jatim Kamabicab Lamongan Arum Sabil Pramuka Kwarcab Lamongan