Mendagri Minta Pemda Segera Siapkan Anggaran Pemilu 2024

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

23 Juli 2023 04:15 23 Jul 2023 04:15

Thumbnail Mendagri Minta Pemda Segera Siapkan Anggaran Pemilu 2024 Watermark Ketik
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Dok. Kemendagri)

KETIK, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian telah meminta pemerintah daerah mulai menyiapkan anggaran perhelatan Pilkada dan Pemilu 2024.

Hal itu dia ungkapkan dalam Rapat Kerja Nasional ke-15 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis (20/7/2023).

Tito mengatakan, salah satu pembahasan Rakernas Apkasi 2023 ini berupa rangkaian persiapan pemerintah daerah menghadapi perhelatan Pemilu dan Pilkada 2024.

"Tadi saya sudah menyampaikan bahwa Pemilu dan Pilkada itu adalah titik penting demokrasi dan melibatkan mobilisasi partisipasi masyarakat luas," jelasnya.

Tito melanjutkan, peran pemerintah daerah dalam perhelatan Pemilu 2024 sangat vital dalam mensukseskan demokrasi lima tahunan.

Dia meminta pemerintah daerah tak menjadi alat individu untuk berkampanye dalam perhelatan Pemilu ataupun Pilkada 2024 nanti.

Mantan Kapolri itu juga menyebut perhelatan Pilkada 2024 menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang tidak sedikit.

"Yang berikutnya untuk Pilkada khusus anggaran dari APBD, jadi semua kepala daerah harus siapkan anggaran dari sekarang untuk persiapan pilkada termasuk dukungan KPU, Bawaslu, keamanan dan lain-lain," katanya.

Tito menuturkan, dukungan anggaran itu turut serta dalam rangka kelancaran Pemilu dan Pilkada 2024. Tito sekali lagi meminta kepada pemerintah daerah untuk bersifat netral dalam perhelatan Pilkada 2024 nanti.

"Saya minta untuk kepala daerah yang definitif dari partai ya kita tahulah pasti ada tugas partai. Tapi yang definitif pasti netral karena birokrat, harus netral tidak ada politik dukung mendukung partai manapun netral," ucap Tito.(*)

Tombol Google News

Tags:

Mendagri Pemda Tito Karnavian pemilu2024 Pileg2024