Mengenal Dwi Hari Cahyono, Tokoh NU yang Jadi Caleg DPR RI dari PKS Dapil Malang Raya

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

25 Januari 2024 13:46 25 Jan 2024 13:46

Thumbnail Mengenal Dwi Hari Cahyono, Tokoh NU yang Jadi Caleg DPR RI dari PKS Dapil Malang Raya Watermark Ketik
Caleg DPR RI dari PKS Dapil Malang Dwi Hari Cahyono. (Foto : Dwi for ketik.co.id).

KETIK, MALANG – H Dwi Hari Cahyono, S.Hut, S.Sos MAp merupakan tokoh NU yang menjadi politisi PKS  dan maju pada Pemilu 2024. Sosok berpengalaman ini maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Malang Raya meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu.

Bagi warga Kabupaten Malang khususnya, sudah banyak yang mengetahui sosok H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp . Ia pernah menduduki jabatan strategis di salah satu BUMD Pemkab Malang yakni PD Jasa Yasa.

Pada tahun 2015 - 2020, kandidat doktor SDM Universitas Brawijaya ini menjabat sebagai Direktur Utama PD Jasa Yasa. BUMD itu, mengelola unit pariwisata di Kabupaten Malang.

Ia juga kenyang pengalaman di dunia perpolitikan sebagai anggota Legislatif. Pada tahun 2009 - 2014, Dwi menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang.

Infografis Caleg DPR RI dari PKS Dapil Malang Dwi Hari Cahyono. (Foto : Dwi for ketik.co.id).

Kemudian pada Pemilu 2019 yang lalu, ia menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2019 - 2024. Sekaligus menjabat Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Timur periode yang sama.

Sedangkan untuk pengalaman organisasinya juga sangat banyak. Meliputi Ketua LDNU MWCNU Ampelgading (2004 - 2009), Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Nahdliyyin Malang Raya (2016 - 2020) dan anggota Dewan Pertimbangan Kadin Kabupaten Malang (2020 - 2025). 

Kemudian, Bendahara Umum Perhimpunan Petani dan Nelayan Seluruh Indonesia (PPNSI) (2021 - 2026), Anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kabupaten Malang (2021 - 2026) dan masih banyak pengalaman lainnya yang ia miliki.

H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp mengatakan, dirinya memiliki program unggulan. Pada program unggulan itu akan dibawa pada pemilihan Caleg DPR RI dapil Malang Raya ini.

"Program unggulannya adalah Mbangun Deso, Noto Kuto (Membangun desa, menata kota)," kata H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp, kepada ketik.co.id.

Selain kenyang pengalaman di legislatif dan BUMD, H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp juga seorang pengusaha. Yakni sebagai Direktur Utama D'jagad Land Group dan owner CV Djagad Utama yang bergerak dalam bidang properti.

Tidak hanya itu, dirinya juga konsen terhadap dunia pendidikan. "(Juga) sebagai dosen pengajar di Universitas Kartini Surabaya mulai 2021 hingga sekarang," tuturnya.

Itulah profil H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp yang siap bersaing sebagai Caleg DPR RI pada Pemilu 2024, dengan mengusung program unggulan Mbangun Deso Noto Kuto.

Selama ini, H Dwi Hari Cahyono S.Hut, S.Sos MAp juga aktif dalam berbagai majelis sholawat di Malang Raya. Ia juga sangat dekat dengan Habaib dan Ulama di Malang Raya.

Profil H Dwi Hari Cahyono
Tempat Tanggal Lahir, Malang, 5 Mei 1973
Caleg DPRI RI Dapil Malang Raya dari PKS
Progam Unggulan: "Mbangun Deso Noto Kuto"

Pendidikan

  • SMAN Tumpang
  • DIII Manajemen Ilmu Kehutanan, Akademi Kehutanan Jawa Barat, Pemprov Jabar (1994).
  • S1 Teknologi Hasil Hutan Institut Pertanian Yogyakarta (1996).
  • S1 Ilmu Sosial Stisospol Waskita Darma Malang
  • S2 Kebijakan Publik Unisma Malang
  • S3 Kandidat doktor SDM Universitas Brawijaya.

Riwayat Organisasi

Ketua DPC PKS Turen.
Sekretaris DPD PKS Kabupaten Malang
Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Nahdliyyin
Anggota Dewan Kehormatan Hipakad
Ketua LDNU MWCNU Ampelgading
Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Nahdliyyin Malang Raya

Riwayat Pekerjaan

Direktur SDM PT Mahameru Utama
Owner CV Jagad Utama
Direktur Utama PD Jasa Yasa
Direktur Utama PT Jagad Karya Utama. (*)

Tombol Google News

Tags:

Dwi Cahyono Caleg DPR RI PKS Malang Raya Kabupaten Malang Kota Malang Kota Batu pemilu2024 Dwi Hari Cahyono NU Mbangun Deso Noto Kuto Himpunan Pengusaha Nahdliyyin PSSI