Mengenal MusicLM, AI Buatan Google yang Dapat Membuat Karya Musik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

1 Februari 2023 15:36 1 Feb 2023 15:36

Thumbnail Mengenal MusicLM, AI Buatan Google yang Dapat Membuat Karya Musik Watermark Ketik
Google Music. (Foto : Pexels)

KETIK, JAKARTA – Berbicara mengenai AI atau Artificial Intelligence saat ini tentu tidak ada habisnya. Hal ini karena semakin banyak perusahaan yang mengembangkan AI versi mereka dengan berbagai macam kecerdasan. Tidak terkecuali bagi perusahaan raksasa Google, yang juga tengah mengembangkan AI buatan mereka yakni MusicLM.

AI ini dapat menghasilkan karya musik berdurasi beberapa menit dari teks prompt, bahkan dapat mengubah melodi siulan atau senandung menjadi instrumen lain.

Cara kerjanya mirip dengan sistem milik DALL-E yang bisa menghasilkan gambar dari teks prompt. Model AI tersebut bernama MusicLM. Untuk saat ini memang belum bisa kita coba sendiri, namun Google sudah membagikan sampel musik yang dikerjakan oleh MusicLM tersebut dan kita bisa mendengarkannya sendiri.

MusikLM telah membuat beberapa sample lagu yang hasilnya cukup mengesankan. MusikLM sendiri dibuat Google dalam 3 versi yakni yang pertama Audio Generation From Rich Captions yang dapat menghasilkan cuplikan 30 detik yang terdengar seperti lagu sebenarnya yang dibuat dari deskripsi teks yang menentukan genre, getaran, dan bahkan instrumen yang kita inginkan, yang kedua "Long Generation" yang bisa membuat musik sepanjang 5 menit dari satu atau dua kata saja.

Dan terakhir "Story Mode", di mana AI tersebut diberi skrip untuk membuat musik yang bisa berubah tergantung skripnya.

Selain itu ada juga mode "Painting Caption Conditioning" yang mampu membuat musik berdasarkan gambar yang diberikan beserta teks caption yang kita input. Melansir penjelasan resmi MusicLM di laman riset Google, kemampuan MusicLM disebut mengungguli sistem sebelumnya baik dalam kualitas audio maupun kepatuhan terhadap deskripsi teks. 

Namun hingga kabar ini dibuat Google belum berencana merilis MusicLM ke masyarakat umum, hal ini lantaran guna menghindari potensi penyalahgunaan konten kreatif atau plagiarisme dan potensi perampasan budaya atau misrepresentasi terhadap suatu karya.

Walaupun memang harus diakui apa yang dibuat oleh Google merupakan terobosan terbaru di bidang kecerdasan buatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

MusicLM Google Artificial Intelligent musik teknologi