Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Jembatan Kali Glidik Selesai Empat Bulan

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

10 Juli 2023 14:12 10 Jul 2023 14:12

Thumbnail Menteri PUPR Targetkan Pembangunan Jembatan Kali Glidik Selesai Empat Bulan Watermark Ketik
Menteri PUPR ketika berada di kawasan banjir bersama Wabup Lumajang (Foto : Kominfo)

KETIK, LUMAJANG – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mentargetkan Jembatan Glidik 2 yang rusak akibat terjangan lahar dingin Semeru akan dibangun permanen dan ditargetkan selesai dalam empat bulan.

"Jembatan kerangkanya sudah mulai dimobilisasi ke sini, dan akan dibangun dua arah dari arah Lumajang dan dari arah Malang, sehingga mudah-mudahan lebih cepat, targetnya empat bulan," ujar Menteri PUPR usai meninjau sejumlah infrastruktur yang rusak dampak bencana longsor dan lahar dingin semeru, Senin (10/7/2023).

Dalam kesempatan ini, Menteri PUPR didampingi Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati meninjau sejumlah titik di antaranya Bronjong Tanggul Sungai Lengkong, Gladak Perak dan Jembatan Gantung Kali Regoyo. Terkait sejumlah infrastruktur yang rusak tersebut, Menteri PUPR menjelaskan bahwa akan dilakukan perbaikan secara kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

"Adalima jembatan putus yang harus diperbaiki, kemarin dengan BNPB sudah dikoordinasikan dengan pemprov dan kabupaten dikerjakan secara kolaborasi antara APBN, APBD I dan APBD II. Kabupaten menangani dua jembatan kabupaten yang akan dibiayai oleh BNPB, dua jembatan dikerjakan provinsi, dan kami APBN melaksanakan pembangunan kembali Jembatan Glidik 2 di jalan nasional," jelasnya.

Dijelaskan Menteri Basuki bahwa untuk Jembatan Glidik 2 penghubung Kabupaten Malang dan Lumajang tersebut akan dibangun dengan kontruksi yang lebih kuat.

Ia menyebut bahwa dari hasil evaluasi nantinya pondasi jembatan akan ditinggikan dan diperdalam sehingga diharapkan lebih siap dari terjangan lahar dingin semeru.

"Pondasinya harus ditinggikan, kenapa kemarin hanyut, mungkin karena pondasinya tidak tembus tetapi nangkring di batu, dari Bintek, Bina Marga mengevaluasi kontruksi yang lebih kuat," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

menteri PUPR ke Lumajang Wabup Lumajang bangun jembatan kali glidik berita lumajang hari ini