Musim Kemarau, Debit Air Perumdam Kota Batu Tetap Stabil

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

20 Juli 2023 07:12 20 Jul 2023 07:12

Thumbnail Musim Kemarau, Debit Air Perumdam Kota Batu Tetap Stabil Watermark Ketik
Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu, Edi Sunaedi. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto Kota Batu Jawa Timur tidak khawatir musim kemarau akan berpengaruh pada pelayanan ke masyarakat. Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu Edi Sunaedi mengatakan, baik musim hujan maupun kemarin debit air di perumdam untuk mengaliri pelanggan tetap stabil.

"Kita musim kemarau atau hujan tidak berpengaruh langsung. Dalam musim kemarau ini debit air kita tetap stabil karena kita punya perawatan," urainya, Kamis (20/7/2023).

Perumdam Among Tirto mengelola enam sumber mata air. Di antaranya Sumber Dandang, Sumber Ngesong, Sumber Gemulo, Sumber Banyuning, Sumber Kasinan dan Sumber Terembulok. Sumber sumber tersebut dikelola untuk mengaliri 18.100 pelanggan.

"Banyak langkah perawatan kita lakukan di sumber mata air. Seperti penghijauan, pembuatan biopori dan perawatan rutin tandon tandon air," tambah Edi.

Edi mengatakan, justru di musim hujan banyak terjadi kendala aliran air dari sumber ke tandon Perumdam. Seperti pipa putus karena tingginya debit air di sungai Brantas. Atau bahkan longsor yang menimpa pipa sehingga pipa terputus.

"Jadi kalau musim kemarau seperti ini tidak berpengaruh terhadap debit air. Karena debit air di sumber tetap stabil," ujarnya.

Perumdam Among Tirto terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Oleh karena itu , Perumdam Among Tirto berhasil meraih penghargaan bergengsi Top BUMD Awards bintang 4 tahun 2023.

Selain itu, Direktur Perumdam Among Tirto Edi Sunaedi juga meraih prestasi sebagai Top CEO BUMD 2023 dan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meraih Top Pembina BUMD 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perumdam Among Tirto Kota Batu