Nama Beken Caleg PDIP, Once Mekel hingga Denny Cagur Sudah Didaftarkan

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

11 Mei 2023 09:30 11 Mei 2023 09:30

Thumbnail Nama Beken Caleg PDIP, Once Mekel hingga Denny Cagur Sudah Didaftarkan Watermark Ketik
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memimpin rombongan untuk mendaftarkan bacaleg di Kantor Komisi Pemilihan Umum. Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023. (Foto: Humas PDIP Jakarta)

KETIK, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap sejumlah nama beken dari kalangan selebritas dan dunia hiburan yang akan maju sebagai calon anggota legislatif partainya di Pileg 2024.

Hasto mengatakan pihaknya total telah menyerahkan 580 nama dalam pendaftaran caleg PDIP untuk 2024 ke kantor KPU. Dari jumlah itu, sebagian juga berasal dari kalangan budayawan, seniman, dan artis.
"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat," kata Hasto dalam jumpa pers usai pendaftaran, Kamis (11/5/2023).
Meski dari kalangan selebritas, Hasto berujar bahwa mereka telah melewati pendidikan kaderisasi partai secara berjenjang. Dia menyebut beberapa di antaranya merupakan petahana yang aktif sebagai anggota dewan saat ini.
Mereka seperti Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka, hingga Rano Karno. Sementara, Hasto mengungkap nama-nama baru lain seperti musisi Once Mekel, pelawak Denny Cagur, budayawan Taufik Hidayat Udjo, Marcel Siahaan, Tamara Geraldine, hingga Sari Kuswoyo.
"Dan caleg yang sebagian besar kader telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," kata Hasto.
Hasto menerangkan dari total 580 caleg partainya,  380 caleg perempuan atau 33 persen. Ada pula dari kalangan akademisi 73 orang, dari TNI Polri Purnawirawan ada 17 orang.
"Mengingat partai juga melakukan kaderisasi secara sistemik, dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun ada sekitar 48 persen. Jadi, di bawah usia 45 tahun ada 48 persen," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 pilpres2024 Hasto Kristiyanto sekjen PDi Perjuangan KPU Jakarta