Pasar Gadang Banjir, Imbas dari Bocornya Air PDAM Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

5 September 2023 08:15 5 Sep 2023 08:15

Thumbnail Pasar Gadang Banjir, Imbas dari Bocornya Air PDAM Kota Malang Watermark Ketik
Kondisi Pasar Gadang saat terendam banjir akibat bocornya pipa PDAM Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Bocornya pipa air dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang membuat sebagian jalan di Pasar Gadang tergenang banjir pada Selasa (5/9/2023). Banjir tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB dan membuat perjalanan warga terhambat. Beberapa lapak pedagang pun terkena imbasnya. 

Kebocoran pipa tersebut dibenarkan Direktur Utama (Dirut) Perumda Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas. Ia menjelaskan bahwa pada pukul 10.40 WIB pihaknya telah mengerahkan petugas untuk membenahi kebocoran tersebut.

"Betul (ada kebocoran). Tadi petugas sudah berada di lokasi untuk eksekusi. Sudah dimatikan aliran air di area itu agar tidak tergenang dan terbuang,” jelas Muhlas.

Namun penyebab kebocoran masih belum diketahui. Saat ini, penyebab kebocoran pipa hingga menggenangi jalan Pasar Gadang masih dalam proses identifikasi.

"Kami belum melihat kondisi begitu digali. Karena begitu digali, itu kelihatan pecahnya seperti apa, kami baru tahu dan bisa diidentifikasi. Kalau sekarang ya belum bisa," ungkap Direktur Teknis Tugu Tirta Kota Malang, Ari Mukti saat ditemui secara terpisah.

Diperlukan beberapa penggalian untuk mengetahui sebab kebocoran dan kondisi pecahnya pipa. Namun Ari mengungkapkan adanya indikasi kebocoran disebabkan oleh kondisi pipa yang sudah tua.

"Kalau melihat diameternya, memang ada pipa yang tua. Tapi ktu bangunan Belanda jadi memang harus kami lihat dulu. Harus digali dulu, pecahannya seperti apa, baru tahu sebabnya," lanjutnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pipa PDAM Kota Malang Pasar Gadang Kota Malang Banjir Pipa PDAM Bocor Perumda tugu tirta