PAUD Fondasi Utama Pendidikan; Gus Muhdlor: Ajari Anak Akhlak-Empati

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

20 Juli 2023 20:15 20 Jul 2023 20:15

Thumbnail PAUD Fondasi Utama Pendidikan; Gus Muhdlor: Ajari Anak Akhlak-Empati Watermark Ketik
Gus Muhdlor memberikan pesan-pesan penting kepada para pendidik di PAUD agar menyiapkan generasi cerdas, kreatif, dan berdaya saing. (Foto: Diskominfo Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan fondasi utama pembentukan generasi bangsa. Generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing. Penguatan sektor pendidikan ini akan membangun fondasi yang kukuh bagi masa depan Sidoarjo yang lebih baik.

”Pendidikan anak usia dini adalah masa kritis dalam pembentukan karakter dan potensi anak-anak kita,” kata Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat meresmikan gedung lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edelweis di Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, pada Kamis (20/7/2023).

Gus Muhdlor, sapaan Bupati Ahmad Muhdlor, menambahkan, investasi dalam sektor pendidikan anak usia dini sangat penting. Para pendidik PAUD di Kabupaten Sidoarjo diharapkan terus memberikan pendidikan tata krama dan empati kepada lingkungan. Khususnya, kepada generasi muda di usia dini.

Ada beberapa masalah besar di Indonesia. Pertama, banyak orang berpendidikan, tetapi tidak punya keahlian. Kedua, banyak orang pintar, tetapi tidak punya tata krama dan akhlak yang baik. Hal itu menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi guru-guru PAUD.”Jadi tidak hanya mengajarkan calistung (baca, tulis, hitung) saja,” ujarnya.

Kabupaten Sidoarjo tengah mempertahankan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada angka yang sama atau lebih dari tahun 2022, yaitu sebesar 81,02. Perlu ada peningkatan, khususnya di pendidikan dan kesehatan. Dalam meraih IPM yang tinggi ini, pendapatan per kapita warga Kabupaten Sidoarjo harus baik, angka lanjutan belajar harus tinggi, serta kesehatan yang baik agar harapan hidup lebih lama.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Fraksi PKB Rizza Ali Faizin mengatakan bantuan keuangan dari DPRD Kabupaten Sidoarjo telah dimanfaatkan untuk membangun fasilitas PAUD Edelweis yang modern dan representatif.

Edelweis di Desa Grogol, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, menjadi salah satu contoh nyata sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dapat menghasilkan perkembangan positif dalam sektor pendidikan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gus Muhdlor Pemkab Sidoarjo Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo PAUD Sidoarjo