Peduli Kader Kesehatan, Bupati Malang Kucurkan Dana Hibah Insentif

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

10 September 2024 08:26 10 Sep 2024 08:26

Thumbnail Peduli Kader Kesehatan, Bupati Malang Kucurkan Dana Hibah Insentif Watermark Ketik
Bupati Malang Sanusi ketika memberikan secara simbolis dana hibah insentif bagi Kader Kesehatan. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Ribuan Kader Kesehatan se Kabupaten Malang mengikuti jambore di Waroeng Tani, Dau, Kabupaten Malang, Senin, 9 September 2024. Bupati Malang Sanusi menghadiri langsung kegiatan akbar ini.

Tidak hanya hadir dan memberikan motivasi kepada kader kesehatan, Bupati Malang Sanusi juga membagikan dana hibah insentif. Satu orang kader kesehatan mendapat insentif sebesar Rp600 ribu per orang per tahun.

Pada kesempatan itu, Bupati Malang Sanusi juga mengupayakan akan meningkatkan insentif menjadi Rp1 juta per orang per tahun. Tentunya hal ini mendapat antusiasme yang tinggi dari ribuan kader kesehatan tersebut.

Menurut Sanusi yang merupakan Politisi PDIP ini, upayanya meningkatkan kesejahteraan Kader Kesehatan dan pelayanan kesehatan tentunya membuahkan hasil.

"Saat saya awal menjadi Bupati Malang, nilai ombudsman kesehatan di Kabupaten Malang hanya 32. Saat ini, nilainya sudah semakin baik. Bahkan saat ini sudah 88," ujarnya.

Lalu, ia menjelaskan penyebab nilai ombudsman tersebut naik. "Yang utama adalah didukung oleh seluruh kader kesehatan dan penggiat kesehatan di Kabupaten Malang sudah bekerja sangat baik," kata Sanusi yang pada Pilkada 2024 kali ini mencalonkan kembali.

Masih kata Sanusi yang juga pernah menjabat Anggota DPRD Kabupaten Malang ini, pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, perlu digalakkan. 

Mengingat tujuan pembangunan kesehatan adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap individu agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan pembangunan nasional.

“Kader kesehatan dituntut untuk mau dan mampu memahami serta melaksanakan  program-program kesehatan, dengan mengedepankan unsur keteladanan dan keterampilan yang dimiliki," terangnya.

"Tidak hanya itu, para kader kesehatan juga diharapkan memiliki inovasi dan kreativitas dalam mendorong pelayanan kesehatan tingkat dasar dengan mengutamakan upaya preventif dan promotif melalui wadah-wadah pemberdayaan di masyarakat," sambungnya.

Selanjutnya ia berharap seluruh kader kesehatan di Kabupaten Malang kedepannya dapat berperan lebih aktif dalam upaya pembangunan di bidang kesehatan dan mendampingi masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kader Kesehatan Kabupaten Malang dana hibah Insentif Pemkab Malang Bupati Malang