Pemandian Cangar Raih Juara 1 Kategori Daya Tarik Wisata Alam, Kado HUT ke-22 Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

1 November 2023 08:48 1 Nov 2023 08:48

Thumbnail Pemandian Cangar Raih Juara 1 Kategori Daya Tarik Wisata Alam, Kado HUT ke-22 Kota Batu Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu saat menerima Penganugerahan East Java Tourism Award 2023 untuk Pemandian Cangar dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Pemandian Cangar di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji, Kota Batu meraih Juara 1 Kategori Daya Tarik Wisata Alam yang dikelola Pemerintah pada malam Penganugerahan East Java Tourism Award 2023 di Taman Candra Wilwatika, Pasuruan, Selasa (31/10/2023) malam.

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap penghargaan ini menjadi motivasi kepada pemerintah untuk memberikan pelayanan pariwisata terbaik sehingga akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

"Kami ucapkan selamat atas prestasi ini. Selain sebagai pemacu semangat untuk meningkatkan pelayanan dan kunjungan wisata ke Kota Batu, juga sebagai Kado Hari Jadi Kota Batu Ke-22 Tahun 2023," katanya.

Selain Pemandian Cangar, dua destinasi Kota Batu yang dikelola swasta masuk nominasi East Java Tourism Award 2023. Yaitu Sanggar Krida Manggala Budaya Kota Batu sebagai nominator Destinasi Wisata Budaya dan Coban Lanang sebagai nominator Destinasi Wisata Alam. 

"Terutama target 10 juta wisatawan tahun ini, diharapkan akan tercapai dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan terutama kebersihan, keindahan, serta fasilitas yang semakin meningkat di tempat wisata," jelasnya.

Melansir tahurarsoerjo.dishut.jatimprov.go.id, pemandian Cangar memiliki Daya tarik utama berupa air panas alami yang bersumber dari kaki gunung Welirang yang masih aktif, tidak berbau belerang dengan suhu sekitar 35°-45°.

Objek wisata ini sangat digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena dipercaya apabila berendam dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti stroke, penyakit kulit, asma, dll. 

Landscape objek ini cenderung landai dan pemandangannya sangat indah dan alami karena adanya tutupan berbagai vegetasi khas pegunungan yang rapat sehingga udaranya sangat sejuk. Selain itu, komplek kolam pemandian air panas ini mempunyai taman bermain yang menarik untuk anak-anak. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu anugerah wisata East Java Tourism Award 2023 Pj Wali Kota Batu Pemkot Batu Aries Agung Paewai