Pemandu Wisata Kota Batu Edukasi Wisatawan Pilah Sampah

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

7 September 2023 13:01 7 Sep 2023 13:01

Thumbnail Pemandu Wisata Kota Batu Edukasi Wisatawan Pilah Sampah Watermark Ketik
Ketua Batu Guide Community, Oding Alfarifta. (Foto: Dok Pribadi Oding)

KETIK, BATU – Pemandu Wisata di Kota Batu turut andil mengkampanyekan pengelolaan sampah dari sumbernya.

Ketua komunitas Pemandu Wisata dari Batu Guide Community (BGC), Oding Alfarifta mengatakan, selain bertugas untuk mendampingi dan menceritakan seputar sejarah Kota Batu, Pemandu wisata juga memberikan edukasi seputar sampah kepada rombongan wisata. Rombongan wisatawan diedukasi agar ikut menjaga lingkungan Kota Batu selama berwisata di Kota Batu.

"Dalam rangka turut partisipasi terhadap kebersihan lingkungan di Kota Batu, Komunitas Pemandu Wisata Batu punya cara tersendiri. Kami mengingatkan para pelancong agar tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya, Kamis (7/9/2023).

Oding mengatakan, para pemandu Wisata mengimbau tamu wisata untuk memilah sampah sebelum dibuang. Sampah harus dipilah sesuai jenis sampahnya. Apakah itu jenis sampah dari sisa makanan basah atau sisa kemasan makanan ringan maupun sampah residu.

"Hal ini akan membantu petugas mengolah sampah di tiap obyek wisata untuk memilahnya kembali dengan mudah," tambahnya.

Oding berharap edukasi sampah yang diberikan akan menambah kesadaran bagi wisatawan, sekaligus menunjukkan bahwa warga Kota Wisata Batu peduli kebersihan.  

"Karena sampah menjadi masalah kita bersama. Jadi kita harus bersama sama juga untuk mengatasi permasalah sampah ini," ulasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemandu Wisata Batu Batu Guide Community Kota Batu