Pemdes Kawasi Halmahera Selatan Aktif Berkantor di Kantor Desa Baru Kawasan Relokasi

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

10 Oktober 2023 18:30 10 Okt 2023 18:30

Thumbnail Pemdes Kawasi Halmahera Selatan Aktif Berkantor di Kantor Desa Baru Kawasan Relokasi Watermark Ketik
Arifin Saroa, Kepala Desa Kawasi Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara (Foto: Mursal/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Kawasi Kecamatan Obi Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara, kini rutin berkantor di Kantor Desa Baru kawasan relokasi ecko village.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Kawasi Arifin Saroa di Kantor Desa Baru saat ditemui di ruang kerjanya Selasa, (10/10/2023).

Kepada media online Ketik.co.id Arifin mengatakan, keputusan untuk beraktivitas di kantor Desa Baru merupakan bagian dari program Pemdes Kawasi dalam memberi contoh terhadap masyarakat desa Kawasi agar secepatnya dapat menempati rumah yang telah disediakan oleh perusahaan tambang Harita Grup.

"Ini adalah bentuk edukasi terhadap masyarakat. Jadi aktivitas dan rutinitas di kantor desa yang baru juga merupakan bagian dari program Pemedes," kata Arifin.

Menurut Arifin, percepatan pemindahan dari lokasi desa sebelumnya untuk menempati kantor desa baru dan gedung perumahan di ecko village adalah bentuk pengamanan masyarakat desa dari debu dan polusi udara yang mengancam kesehatan.

"Pastinya, keputusan ini adalah usaha untuk menyelamatkan masyarakat dari polusi udara yang mengancam kesehatan" Sambungnya.

Selain itu, Arifin juga beberkan bakal ada penambahan unit rumah dan vila yang semntara telah dijadwalkan pembangunannya menyusul pembangunan perumahan, sarana ibadah, sekolahan, baik Pemdes, pihak Pemda, dan pihak Perushaan untuk dikerjakan.

"Sementara ini, dalam jadwal kami, akan ada penambahan jumlah perumahan warga untuk ditempati di area ecko village yang sudah dalam tahap koordinasi baik pihak Pemerintah desa, Pemerintah Kabupaten, maupun pihak Harita Grup untuk segera di bangun," beber Kepala desa.

Arifin berharap, segala macam bentuk usaha dan pembangunan di desa baik bersumber dari anggaran pemerintah Desa sendiri maupun bersumber dari Perusahaan, dapat dipahami oleh masyarakat desa sebagai langkah dalam mengembangkan serta menjemput kemajuan desa di era globalisasi dan digitalisasi.

"Harapan ini adalah harapan kita semua, baik pribadi dan tentu menjadi harapan warga. Dari manapun sumber anggaran untuk pembangunan desa baik dari Pemdes maupun Harita, ini adalah langkah dalam mengembangkan desa. Besar harapan saya agar warga dapat memahaminya" harap Arifin.

Dia menambahkan, segala bentuk keluh kesah masyarakat adalah bagian dari dinamika Pemerintahan di desa. Bagi Arifin membangun desa sama halnya membangun negara.

Terlepas dari itu, kabar baik juga di utarakan Arifin. Ia mengatakan, warga yang selama ini berpolemik soal relokasi, kini mendesak untuk dipercepat agar dapat tinggal di perumahan relokasi yang telah di bangun.

"Namanya Pemerintahan pasti berdinamika. Tentu ada keluh kesah dari masyarakat. Membangun desa sama dengan membangun negara. Semnatara ini warga mendesak untuk cepat tinggal di ecko village," pungkasa Arifin.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemerintah Desa Kawasi Kepala Desa Kantor Desa Kawasi Baru Arifin Saroa halmahera selatan Harita Grup