Penanganan Masalah TPA Tlekung Kota Batu Mulai Membuahkan Hasil

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

8 Agustus 2023 06:41 8 Agt 2023 06:41

Thumbnail Penanganan Masalah TPA Tlekung Kota Batu Mulai Membuahkan Hasil Watermark Ketik
Pengendara melintas di depan TPA Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Gerak Cepat Pj Wali Kota Batu Jawa Timur, Aries Agung Paewai untuk menyelesaikan permasalahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung mulai membuahkan hasil.

Sejak seminggu lalu, Pj Wali Kota Batu bersama Tim Percepatan Penanganan Sampah Kota Batu berusaha memenuhi tuntutan warga soal permasalahan TPA Tlekung.

"Alhamdulillah kami bersama terus bergerak di setiap harinya agar TPA bisa tertangani lebih baik ke depan. Progres 7 hari penanganan sampah di TPA Tlekung sudah mulai membuahkan hasil," kata Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Selasa (8/8/2023).

Aries mengatakan, pihaknya telah berhasil menurunkan landfill sebanyak 7 meter dari ketinggian awal diperkirakan mencapai 20 meter. Hal itu dengan melakukan optimalisasi alat berat, 4 excavator dan 2 buldozer. 

"Selain itu, sampah yang telah dipilah sebanyak 8.320 kg. Air lindi juga mengalami penurunan dari ketinggian 50 cm menjadi 47 cm dari dasar kolam," tambahnya 

Sedangkan untuk mengatasi bau sampah, lanjut Aries, pihaknya menyemprotkan 5.000 liter ecoenzym. Penyemprotan tersebut dilakukan 3 kali sehari, yakni pukul jam 06.00 WIB, 13.00 WIB dan 18.00 WIB.

"Kita semua berharap, setiap hari ada progres perubahan yang dilakukan dan mengevaluasi setiap ada kendala," tegas Aries.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meminta alat pembakar sampah atau Incinerator di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung ditambah. Tidak hanya itu, incenator nanti harus ditingkatkan performanya untuk mengatasi volume sampah dengan lebih cepat. 

Incinerator adalah alat pembakar sampah yang di operasikan dengan menggunakan teknologi pembakaran pada suhu tertentu, sehingga sampah dapat terbakar habis.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu TPA Tlekung Pj Wali Kota Batu