Penuh Kreativitas, Ribuan Peserta Ikuti Pesona Gondanglegi di Kabupaten Malang

Jurnalis: Gumilang
Editor: Marno

11 November 2023 22:54 11 Nov 2023 22:54

Thumbnail Penuh Kreativitas, Ribuan Peserta Ikuti Pesona Gondanglegi di Kabupaten Malang Watermark Ketik
Salah satu penampilan dari Pesona Gondanglegi Kabupaten Malang. (Foto : istimewa)

KETIK, MALANG – Event akbar Pesona Gondanglegi kembali digelar, Sabtu (11/10/2023). Event akbar yang rutin diadakan tiap tahun di Gondanglegi, Kabupaten Malang tersebut, kali ini diikuti 7 ribu peserta.

Pesona Gondanglegi merupakan Karnaval Kostum terbesar di Malang. Berbagai karakter kostum ditampilkan. Mulai dari karakter tradisional perwayangan hingga yang modern.

Tidak hanya itu, ada pula yang menampilkan kostum bertemakan kepahlawanan. Juga ditampilkan teaterikal di depan panggung kehormatan yang disaksikan langsung oleh pejabat Pemkab Malang dan tamu undangan.

Sedangkan bahan untuk membuat kostum ada yang menggunakan daur ulang. Sedangkan biaya pembuatan kostum paling mahal ditaksir hingga puluhan juta rupiah.

Bupati Malang Sanusi ketika menghadiri Pesona Gondanglegi di Kabupaten Malang. (foto: Prokopim Kabupaten Malang).

Masyarakat antusias melihat Pesona Gondanglegi tersebut. Itu dibuktikan puluhan ribu masyarakat memadati pinggir jalan maupun area yang dilintasi oleh para peserta karnaval.

Pesona Gondanglegi tersebut disaksikan langsung Bupati Malang Sanusi dan Wabup Malang Didik Gatot Subroto. Keduanya juga tampak antusias menyaksikan karnaval yang penuh dengan kreativitas tersebut.

Pada sambutannya, Bupati Malang Sanusi menyambut baik dengan terselenggarakan kembali Pesona Gondanglegi tersebut. Karena ini merupakan event yang menjadi ikon Kabupaten Malang.

"Saya minta kepada Disparbud Kabupaten Malang agar event Pesona Gondanglegi ini dijadikan agenda tahunan. Sehingga, nanti bisa masuk di kalender wisata nasional," kata Sanusi.

Menurutnya, event ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke 1263 Kabupaten Malang. Terlebih melalui kegiatan tersebut juga memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.

"Pesona Gondanglegi ke-10 menjadi bukti nyata bagaimana konsistensi dan perjuangan anak-anak muda, serta seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Gondanglegi dalam menggali potensi yang dimiliki," ungkapnya.

Sebagai informasi pesona Gondanglegi 2023 merupakan ajang yang ke 10 kali. Hingga berita ini ditulis, pelaksana event akbar ini masih berlangsung atau belum selesai pada Satu (11/11/2023) malam. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pesona Gondanglegi Kabupaten Malang