Pj Wali Kota Batu Minta Incinerator TPA Tlekung Ditambah

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

2 Agustus 2023 13:00 2 Agt 2023 13:00

Thumbnail Pj Wali Kota Batu Minta Incinerator TPA Tlekung Ditambah Watermark Ketik
Incinerator di TPA Tlekung yang digunakan membakar Barang Bukti Perkara inkracht yang digelar Kejari Kota Batu beberapa waktu lalu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meminta alat pembakar sampah atau Incinerator di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung ditambah. Tidak hanya itu, incenator nanti harus ditingkatkan performanya untuk mengatasi volume sampah dengan lebih cepat. 

Incinerator adalah alat pembakar sampah yang di operasikan dengan menggunakan teknologi pembakaran pada suhu tertentu, sehingga sampah dapat terbakar habis. 

Selain itu, dikatakannya, Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan sampah juga menjadi perhatian.

"Namun, pada hari ini, mesin incinerator TPA Tlekung mengalami kendala dan tidak berfungsi dengan optimal, sehingga volume sampah yang diproses masih terbatas," kata Aries di hari kedua berkantor di TPA Tlekung, Rabu (2/8/2023).

Aries Agung Paewai bersama Tim Percepatan Penanganan Sampah melakukan evaluasi terhadap progres tindakan yang telah diambil untuk penyelesaian permasalahan sampah di Kota Batu.

Menurutnya, setiap OPD yang masuk dalam tim teknis percepatan penanganan sampah, akan dievaluasi langkah-langkah yang telah diambil. Sedangkan, langkah-langkah yang belum menunjukkan hasil yang signifikan akan di percepat.

"Kami setiap hari melakukan evaluasi. Setiap pagi, pekerjaan teman-teman OPD harus ada progress report-nya," jelasnya.

Untuk informasi, sebagai upaya untuk meningkatkan penanganan sampah di Kota Batu, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai membentuk Tim Percepatan Penanganan Sampah Kota Batu.

Tugas tersebut adalah merumuskan dan mengimplementasikan langkah-langkah strategis dalam mengatasi permasalahan sampah yang kompleks.

Tim Percepatan Penanganan Sampah Kota Batu terdiri atas Sekda Kota Batu sebagai pengarah dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup sebagai ketua.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu TPA Tlekung