Pj Wali Kota Malang Diboyong Presiden ke IKN, Bahas Pilkada 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

14 Agustus 2024 04:14 14 Agt 2024 04:14

Thumbnail Pj Wali Kota Malang Diboyong Presiden ke IKN, Bahas Pilkada 2024 Watermark Ketik
Para pejabat daerah, termasuk Pj Wali Kota Malang diboyong ke IKN oleh Presiden. (Foto: Prokompim Kota Malang)

KETIK, MALANG – Presiden Joko Widodo telah meminta kepala daerah untuk datang ke Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur sejak 12 Agustus 2024 lalu. Iwan Kurniawan, Pj Wali Kota Malang yang baru saja dilantik turut diboyong ke IKN.

Para pejabat mulai dari gubernur, wali kota, bupati, maupun penjabat kepala daerah mendapatkan beberapa pengarahan dari Presiden Jokowi pada Selasa (13/8/2024).

Iwan menjelaskan, terdapat pembahasan penting yang diberikan, salah satunya persiapan Pilkada 2024 yang dilakukan serentak pada November 2024. Ia bertanggungjawab dalam memastikan Pilkada 2024 di Kota Malang berlangsung tertib.

"Persiapan Pilkada di Kota Malang juga menjadi perhatian saya. Saya memiliki amanah dari presiden yang harus dilaksanakan untuk memastikan gelaran Pilkada di Kota Malang berjalan dengan aman dan lancar," ujar Iwan.

Untuk memastikan kelancaran Pilkada 2024, Iwan diminta berkoordinasi dengan Forkopimda Kota Malang. Terlebih minimnya pengalaman dalam melaksanakan Pilkada serentak.

"Presiden sudah menginstruksikan untuk berkoordinasi dengan Forkopimda. Kita kan belum punya pengalaman melaksanakan Pilkada serenta. Kalau butuh tambahan kekuatan, bisa segera disampaikan ke Kapolda atau Kapolri," lanjutnya.

Selain persiapan Pilkada 204, Presiden Jokowi meminta daya beli masyarakat di Kota Malang semakin diperkuat. Menurutnya salah satu upaya meningkatkan daya beli masyarakat ialah dengan merealisasikan APBD Kota Malang.

"Saya cukup bersyukur karena per 12 Agustus 2024 ini realisasi APBD Kota Malang telah mencapai 49,37 persen. Ini lebih tinggi daripada kabupaten/kota se-Indonesia yang hanya mencapai angka 31 persen. Serta lebih tinggi dari realisasi APBD di provinsi sebesar 41 persen," terangnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pj wali kota malang Iwan Kurniawan IKN presiden Joko Widodo Kota Malang Ibu Kota Nusantara