Pj Wali Kota Malang Mulai Kunjungi OPD di Bulan Pertama Menjabat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

20 Agustus 2024 08:19 20 Agt 2024 08:19

Thumbnail Pj Wali Kota Malang Mulai Kunjungi OPD di Bulan Pertama Menjabat Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan saat mengunjungi Kantor Diskopindag. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pj Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan mulai mengunjungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bulan pertamanya menjabat. Kunjungan pertama ditujukan kepada Dinsos-P3AP2KB san Diskopindag Kota Malang. 

Iwan menjelaskan usai dilantik pada Sabtu (10/8/2023) lalu, telah meminta untuk diadakan rapat koordinasi bersama Sekretaris Daerah (Sekda), Asisten, dan Kepala BKAD kepada OPD secara bertahap. 

"Saya juga sudah minta Bappeda dan Bapenda terkait perencanaan dan capaian target pendapatan yang berprogres di tahun 2024," ujarnya, Selasa (20/8/2024). 

Hal tersebut sebagai bekal agar dirinya dapat mempelajari secara keseluruhan persoalan dan kondisi Kota Malang. Koordinasi tersebut juga agar penjabaran program, pemanfaatan anggaran, hingga target Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih jelas. 

"Untuk lebih dalam menjabarkan program dan kegiatan yang dituangkan ke dokumen perencanaan. Saya juga ingin melihat OPD-OPD yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD," lanjutnya. 

Dari hasil koordinasi tersebut, membahas program prioritas dan isu strategis hingga solusi masing-masing OPD. Seperti di Dinsos-P3AP2KB yang diharapkan berfokus pada kekerasan terhadap anak dan perempuan. 

"Rencana kami kalau dimungkinkan akan memetakan permasalahan di seluruh OPD. Ini yang akan saya lakukan dalam waktu dekat. Kalau urgensi dari dua OPD ini belum," katanya. 

Diperlukan waktu hingga dua minggu untuk menggali dan memetakan isu yang ada. Nantinya akan dibentuk sebuah klaster untuk menentukan persoalan dan OPD mana yang dijadikan prioritas. 

"Kira-kira 1-2 minggu bekerja untuk menggali isu, setelah itu baru ditentukan prioritasnya. Tidak mungkin kita bisa melakukan seluruh permasalahan yang ada. Minimal ada potensi penyelesaian, langkah yang harus kita lakukan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Malang pj wali kota malang OPD Iwan Kurniawan