Polemik PKB dan PBNU Kian Meruncing, Rais Aam Panggil Ketua Umum PBNU ke Surabaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

13 Agustus 2024 12:30 13 Agt 2024 12:30

Thumbnail Polemik PKB dan PBNU Kian Meruncing, Rais Aam Panggil Ketua Umum PBNU ke Surabaya Watermark Ketik
Ketua umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf ditemui usai dipanggil ke kediaman Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar, Selasa (13/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Polemik antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kian meruncing. Kali ini Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mendapatkan mandat penuh dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar untuk segera memperbaiki PKB.

Mandat ini diberikan Rais Aam setelah sebelumnya ratusan kiai berkumpul di Pesantren Tebuireng dan menyepakati memberikan mandat Tebuireng kepada Rais Aam PBNU untuk ndandani (meperbaiki) PKB.

“Kemarin kiai berkumpul (di pesantren Tebuireng). Mendalami masalah-masalah terkait hubungan PBNU dan PKB,” kata Gus Yahya ketika ditemui wartawan di Kediaman Rais Aam pesantren Miftachussunnah Surabaya, Selasa (13/8/2024).

Usai mendapatkan mandat tebuireng, Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar langsung memanggil Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf yang kebetulan berada di Surabaya. "Saya tadi mendapatkan perintah langsung dari Rais Aam untuk menindaklanjuti laporan dari para kiai,” kata Gus Yahya.

Terkait langkah apa yang akan dilakukan dalam menghadapi Muktamar PKB, Gus Yahya mengaku akan segera  mematangkan rumusannya. Permasalahan antara PKB dan PBNU sebenarnya bukanlah masalah baru. Hubungan yang tidak baik ini sebenarnya telah terjadi dalam 15 tahun terakhir atau sejak PKB dipimpin Muhaimin.

“Ini berlangsung lama sudah lebih dari 15 tahun. Masalah di dalam hubungan PKB dan NU ini sudah lama sekali. Tapi selama ini belum pernah dilakukan upaya-upaya yang masif mengelolanya,” kata Gus Yahya.

Sementara itu, turut hadir dalam pertemuan di Kediaman Rais Aam PBNU kali ini adalah pengasuh Pesantren Lirboyo, KH Anwar Mansyur; kemudian pengasuh Pesantren Sidogiri KH Nurhasan; pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz; dan Wakil Rais Aam PBNU sekaligus pengasuh Pesantren Al Amin Kediri KH Anwar Iskandar;

Selain itu juga ada pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong KH Mutawakil Alallah, serta sejumlah kiai lainnya yakni perwakilan kiai dari Indonesia timur dan Indonesia bagian barat. (*)

Tombol Google News

Tags:

PBNU pkb perseteruan PKB dan PBNU Rais Aam PBNU KH Miftachul Ahyar Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf