Polemik Revitalisasi Pasar Kota Malang Bakal Selesai Tahun 2024

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

8 Januari 2024 10:10 8 Jan 2024 10:10

Thumbnail Polemik Revitalisasi Pasar Kota Malang Bakal Selesai Tahun 2024 Watermark Ketik
Kondisi bagian depan Pasar Blimbing. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Rencana revitalisasi Pasar Induk Gadang dan Pasar Blimbing masih belum menemukan jalan keluar. Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat pun berjanji untuk segera menangani polemik tersebut.

Ia menjelaskan problem revitalisasi kedua pasar diupayakan untuk selesai tahun 2024 ini. Menurutnya masalah tersebut menjadi salah satu prioritasnya ketika menjabat sebagai Pj Wali Kota Malang.

"Saya upayakan masalah Pasar Blimbing dan Gadang bisa selesai tahun ini juga,” ujar Wahyu, Senin (8/1/2024).

Perlu diketahui bahwa kedua pasar tersebut terkendala revitalisasi akibat masih berada dalam perjanjian kerjasama (PKS) dengan pihak ketiga. Banyak masyarakat terutama para pedagang yang telah jenuh dengan kondisi pasar.

Di sisi lain para pedagang Pasar Blimbing telah sepakat untuk dilakukan perbaikan baik dengan menggunakan dana APBN maupun APBD Kota Malang. Mereka menekankan supaya para pedagang seluruhnya ditempatkan hanya di lantai satu.

"Kita pastikan sikap pedaganh untuk pembangunan Pasar Blimbing, dibangun dengan APBN ataupun APBD. Tapi kalau dibangun investor, kita sepakat semua pedagang di lantai pertama. Kalau lantai satu untuk pedagang, kita lanjut," jelas M. Imron Rosadi selaku Sekertaris Asosiasi Pedagang Pasar.

Beberapa perbaikan yang diinginkan pedagang berupa pembenahan jalan agar tidak becek. Pedagang juga mengeluhkan pagar bagian depan pasar yang rusak dan tidak layak.

"Kalau dibangun satu lantai itu tetap bisa karena ada lahan tambahan di timur. Jika dimanfaatkan untuk Pasar Blimbing saya yakin bisa, tinggal pengaturan teknisnya," tambahnya.

Selain kedua pasar tersebut, polemik revitalisasi juga sempat terjadi di Pasar Besar Malang. Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi sempat mengkonfirmasi hal tersebut.

Ia menjelaskan bahwa Pemkot Malang telah menggelontorkan anggaran hingga Rp 1 miliar dari APBD 2024 untuk perbaikan Pasar Besar. Perbaikan tersebut meliputi atap, talang air, hingga drainase.

"Konsep revitalisasi yang lebih besar nanti masih perlu ditata ulang. Pemkot Malang kan masih tetap mengupayakan adanya anggaran dana yang berasal dari pusat atau kementerian," ujar Eko.

Tombol Google News

Tags:

Pasar Blimbing Pasar Induk Gadang Pasar Besar Revitalisasi Pasar Diskopindag Kota Malang Kota Malang