Polisi RW Polresta Malang Kota Lestarikan Tradisi Barikan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Naufal Ardiansyah

16 Agustus 2023 14:31 16 Agt 2023 14:31

Thumbnail Polisi RW Polresta Malang Kota Lestarikan Tradisi Barikan Watermark Ketik
Pelaksanaan Barikan di wilayah di Kota Malang. (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

KETIK, MALANG – Pelaksanaan Tradisi Barikan masih terpantau di beberapa daerah Kota Malang. Jelang HUT Kemerdekaan Ke-78 RI, Polisi RW Polresta Malang Kota masih junjung tasyakuran khas Jawa Timur itu.

Tradisi Barikan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus refleksi atas perjuangan pahlawan yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kegiatan tersebut langsung diinstruksikan oleh Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto. 

Para warga saling bahu membahu menggelar Tradisi Barikan di wilayah binaan masing-masing Polisi RW.

"Sebagai wujud sinergi dan mensyukuri nikmat Kemerdekaan RI, kami meminta Polisi RW hadir langsung bersama masyarakat dalam acara tasyakuran. Masyarakat Malang Raya mengenalnya dengan istilah Barikan," ungkap Kombes Pol Budi Hermanto, Rabu (16/8/2023).

Foto Polisi RW bersama tokoh masyarakat saat acara Barikan malam 17 Agustus 2023.Polisi RW bersama tokoh masyarakat saat acara Barikan malam 17 Agustus 2023.

Barikan menjadi kearifan lokal yang sangat perlu dilestarikan. Termasuk untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air melalui berbagai kegiatan positif yang diselenggarakan.

Dari pantauan di lapangan, beberapa wilayah yang menggelar Barikan ada di wilayah Kecamatan Blimbing dan Klojen. Barikan di Kecamatan Blimbing terselenggara di RW 16 Kelurahan Bunulrejo. Aipda Satria Budi selaku Polisi RW setempat hadir bersama warga.

Sementara itu di Kecamatan Klojen, Barikan di gelar di Balai RW 01 Kelurahan Bareng. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ipda Dedy Hariyanto selaku Polisi RW setempat dan berbaur bersama warga.

Sedangkan wilayah Kecamatan Sukun, Aipda Puji Agung selaku Polisi RW 01 bersama warga menggelar Barikan di Majelis Agung GKJW di Jln. S. Supriyadi. Barikan di Lowokwaru berlangsung di Jl. Kedawung Gang 9 Tulusrejo. Brigadir Ade Galuh selaku Polisi RW setempat pun tampak hadir di lokasi.

Berbeda dengan di wilayah Kecamatan Kedungkandang, RW 09 Perumahan Puri Kartika Sari, Kelurahan Arjowinangun, pelaksanaan Barikan berjalan dengan khidmat. Aiptu Agus Ali Mamun bertindak sebagai Polisi RW setempat.

Tombol Google News

Tags:

Polisi RW Barikan Kota Malang Polresta Malang Kota HUT KE-78 RI Hari Kemerdekaan ketikagustusan