PPDB SMPN di Magetan Sisakan 46 Rombel Kosong, Dikpora Putuskan Perpanjang Pendaftaran

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

6 Juli 2023 04:15 6 Jul 2023 04:15

Thumbnail PPDB SMPN di Magetan Sisakan 46 Rombel Kosong, Dikpora Putuskan Perpanjang Pendaftaran Watermark Ketik
Kepala Dikpora Magetan Suwata saat menyampaikan perpanjangan PPDB SMPN di Magetan khusus bagi SMPN yang belum terpenuhi pagunya.

KETIK, MAGETAN Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Magetan akhirnya memperpanjang pendaftaran siswa baru di puluhan SMPN tahun ajaran 2023-2024.

Perpanjangan pendaftaran PPDB di 24 SMPN itu imbas dari tak terpenuhinya pagu di sekolah negeri.

Padahal Dikpora telah menutup pendaftaran PPDB SMPN sejak 17 Juni 2023 di empat jalurnya, baik jalur zonasi, prestasi, afirmasi maupun jalur perpindahan orang tua.

Perpanjangan pendaftaran PPDB SMPN di Magetan ini tak lepas dari masih adanya 46 rombel yang belum terisi di SMPN.

 ‘’Jangan sampai ada anak tidak sekolah, oleh sebab itu meski sudah ditutup sesuai ketentuan akan tetapi untuk berjaga-jaga sampai saat ini masih kita buka pendaftaran, pengalaman tahun tahun sebelumnya, biasa orang yang sudah keliling ke mana-mana itu nanti di belakang kemudian mendaftar, oleh karena itu nanti baru akan diketahui setelah MPLS,’’ terang Suwata Kepala Dikpora Magetan dikutip dari Disominfo Magetan.

Suwata mengatakan perpanjangan pendaftaran itu dibuka hingga 10 Juli 2023 atau bersamaan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

‘’ Baru bisa memastikan jumlah siswa didik ketika Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berlangsung pada tanggal 10 Juli mendatang,’’ tegasnya.

Suwata mengatakan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) pada PPDB 2023-2024 menetapkan pagu 7.168 siswa yang tersebar di 39 SMP se- Magetan.

Namun, dari hasil PPDB yang sudah ditutup baru terisi 5.679 kursi, hingga menyisakan 1.494 kursi kosong yang tersebar di 24 SMPN.

‘’Dari jumlah kursi kosong itu setara 46 kelas dengan rata-rata Rombongan Belajar 32 siswa,’’ paparnya.

Suwata menambahkan tak hanya SMPN yang tak memenuhi pagunya, Sekolah Dasar (SD) di Magetan juga kesulitan memenuhi pagunya.

‘’Bagi  yang mengalami kesulitan peminat, jika sekolah mampu akan tetap dilaksanakan Pembelajaran atau Kegiatan Belajar Mengajar,’’ tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PPDB Magetan diperpanjang 46 Kelas Kosong SMPN kurang Siswa 24 SMPN Tak Penuhi Pagu Suwata Kadikpora Magetan Hari Ini