Progres Revitalisasi Alun-Alun Tugu Malang Capai 27 Persen, Sudah Ada Pedestrian

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

28 Juli 2023 09:31 28 Jul 2023 09:31

Thumbnail Progres Revitalisasi Alun-Alun Tugu Malang Capai 27 Persen, Sudah Ada Pedestrian Watermark Ketik
Penampakan proses revitalisasi Alun-Alun Tugu (foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Progres proyek revitalisasi Alun-Alun Tugu kota Malang sudah mencapai 27 persen. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Noer Rahman Wijaya menjelaskan saat ini telah dibangun area pedestrian di bagian dalam Alun-Alun Tugu.

"Sekarang sudah pengerjaan framing (penyangga pagar dalam), jadi sudah ada pedestrian juga. Termasuk trotoarnya sudah kita buat," terang Rahman, Jumat (28/7/2023).

Lebih lanjut Rahman menjelaskan Prasarana Sarana Utilitas (PSU) terkait sarana pendukung khusus untuk saluran juga telah diselesaikan. Saat ini pekerja tengah mempersiapkan bunker untuk mechanical electrical.

"Normalisasi saluran juga sudah selesai. Sekarang pembangunan bunker untuk mechanical electrical yang ada di sana, JTS panel untuk pendukungnya," lanjut Rahman.

Salah satu aspek penting yang ditekankan dalam revitalisasi Alun-Alun Tugu adalah ramah difabel. Pada pedestrian Alun-Alun Tugu telah diproyeksikan untuk dipasang guiding block sehingga memudahkan akses difabel netra.

"Di pedestrian akan ada pemasangan keramik khusus untuk difabel supaya membantu akses mereka. Nanti juga di area masuk yang tri point itu juga akan ada semacam patok. Itu untuk teman-teman difabel yang menggunakan kursi roda agar bisa masuk," jelasnya.

Kepala DLH Kota Malang itu menyatakan progres revitalisasi Alun-Alun Tugu telah sesuai dengan timeline yang ditetapkan pada kontrak. Ia mengharapkan revitalisasi dapat terus dipercepat agar mencapai target 30 persen pada akhir Juli ini.

"Memang targetnya di akhir Juli ini sudah 30 persen. Itu kan mulai kontrak tanggal 15 Juni kemarin. Mungkin sudah sesuai dengan kontrak kita bersama dengan pihak ketiga," sebutnya.

Semula proyek revitalisasi Alun-Alun Tugu sempat tersandung masalah dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang sebab dikhawatirkan merusak struktur cagar budaya. Namun Rahman memastikan perencanaan dan pelaksanaan Alun-Alun Tugu tidak akan merusak monumen tugu.

"Konsep perencanaan dan pelaksanaannya tidak mengutak-atik Monumen Tugunya. Jadi struktur cagar budaya itu adalah yang Monumen Tugunya," jelas Rahman dilansir pada Ketik.co.id, Rabu (5/7/2023).

Tombol Google News

Tags:

Alun-alun Tugu Kota Malang Revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang DLH Kota Malang