Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Jember Ditargetkan Rampung Hari Ini

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

5 Maret 2024 07:55 5 Mar 2024 07:55

Thumbnail Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Jember Ditargetkan Rampung Hari Ini Watermark Ketik
Mediasi terkait ketidakcocokan antara form C Hasil dengan D Hasil Rekapitulasi Kecamatan Sumberbaru, Selasa (5/3/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 Tingkat Kabupaten yang digelar KPU Jember molor dua hari. Rekapitulasi yang dimulai sejak 29 Januari 2024 ditargetkan rampung pada Selasa (5/3/2024).

Pantauan di lapangan proses rekapitulasi hampir selesai. Dari 31 kecamatan hanya menyisakan satu yaitu Kecamatan Sumberbaru yang masih dalam proses mediasi, terkait ketidakcocokan antara form C Hasil dengan D Hasil Rekapitulasi Kecamatan.

“Karena ada beberapa partai politik yang masih melakukan konfirmasi terkait dengan perolehan hasil khususnya di Kecamatan Sumberbaru,” kata Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin, Selasa (5/3/2024).

Syaiin menjelaskan hampir sebagian besar partai politik melakukan konfirmasi perolehan hasil yang perlu disesuaikan dengan alat bukti yang mereka miliki.

Ia memetakan beberapa kecamatan yang mengalami kendala sehingga akhirnya jadwal rekapitulasi mundur. Diantaranya Kecamatan Sumberbaru, Silo, dan Bangsalsari.

Selanjutnya, setelah 31 kecamatan sudah lengkap dan tidak ada lagi sanggahan, KPU akan meminta Bawaslu dan saksi untuk mengoreksi. Sebelum dikirimkan untuk ikut rekapitulasi tingkat provinsi.

“Nanti kita lakukan finalisasi dan cetak, itupun akan kita suruh cek lagi nanti kalau misalnya masih ada (kendala) harus disesuaikan. Saat sudah sesuai tinggal penggandaan dan tandatangan,” tutup Syaiin.(*)

Tombol Google News

Tags:

REKAPITULASI TINGKAT KABUPATEN Jember Molor rampung hari ini KPU