Rekomendasi 4 Objek Wisata Alam Probolinggo yang Memesona

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

27 Juli 2023 22:00 27 Jul 2023 22:00

Thumbnail Rekomendasi 4 Objek Wisata Alam Probolinggo yang Memesona Watermark Ketik
Air Terjun Madakaripura (Foto: Kemenparekraf)

KETIK, JAKARTA – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur memiliki pesona alam yang menarik untuk dieksplorasi. Ada banyak tempat wisata dengan panorama eksotis dan memesona yang bisa ditemukan di wilayah tapal kuda Jatim ini.

Selain wisata Gunung Bromo yang sudah mendunia, Probolinggo juga menyimpan banyak destinasi yang tak kalah menarik. Pemandangan air terjun hingga keindahan pantai juga bisa dinikmati dengan mudah.

Berikut rekomendasi 4 destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo:

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di lereng Gunung Bromo, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang. Objek wisata ini menawarkan pemandangan air terjun dengan ketinggian 200 meter dan menjadikannya yang tertinggi di Pulau Jawa.

Dilansir situs Kemenparekraf, salah satu pesona Air Terjun Madakaripura yakni bentuk tebingnya yang melingkar menyerupai gelas raksasa. Di bawah air terjun juga terdapat kolam alami dengan air yang bening dan menyejukkan.

Air Terjun Madakaripura juga disebut punya potensi sebagai storynomic tourism. Karena menurut mitos yang berkembang, air terjun tersebut menjadi tempat bertapa Gajah Mada, panglima perang Majapahit.

Danau Ranu Agung

Danau Ranu Agung menawarkan keindahan danau yang asri hingga panorama Gunung Lemongan yang gagah. Objek wisata ini berada di Desa Ranuagung, Kecamatan Tiris atau sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Probolinggo.

Dikutip dari laman Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Danau Ranu Agung terbentuk dari aktivitas vulkanik Gunung Lemongan. Luasnya sekitar 133 hektar dengan ketinggian 525 mdpl.

Keindahan Ranu Agung juga bisa dieksplor menggunakan rakit yang bisa disewa ke penduduk setempat. Ada pemandangan tebing bebatuan yang bisa dinikmati sambil berkeliling mengitari danau.

Pantai Bentar

Keindahan pasir putih yang membentang menjadi daya tarik Pantai Bentar. Tak heran, objek wisata yang berada di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending ini selalu diserbu pengunjung baik weekday maupun weekend.

Salah satu yang ikonik dari Pantai Bentar adalah jembatan kayu yang panjang dan menjorok ke laut. Selain sebagai tempat untuk berfoto, pengunjung bisa melihat ombak dari dekat hingga sunrise dan sunset.

Objek wisata ini juga menawarkan berbagai wahana permainan anak dengan kolam terpisah. Pengunjung juga bisa menyusuri lautan dengan menyewa perahu nelayan.

Wisata Gunung Bromo

Wisata Gunung Bromo sudah cukup populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis di atas ketinggian 2.329 mdpl.

Wisata Gunung Bromo masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ada banyak titik yang bisa dikunjungi seperti Bukit Teletubies, Bukit Widodaren, Pananjakan, Pasir Berbisik hingga Sunrise Seruni Point.

Untuk menjangkau objek wisata ini juga sangat mudah. Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, ada banyak paket wisata yang ditawarkan untuk mengeksplor keindahan wisata Gunung Bromo.(*)

Tombol Google News

Tags:

probolinggo Wisata Air Terjun Madakaripura Wisata Gunung Promo Ranu Agung Pantai Bentar