RPH Pegirian akan Pindah ke RPH Banjar Sugihan Surabaya

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

30 Maret 2023 07:39 30 Mar 2023 07:39

Thumbnail RPH Pegirian akan Pindah ke RPH Banjar Sugihan Surabaya Watermark Ketik
Rumah Potong Hewan (RPH) Banjar Sugihan Surabaya direncanakan beroperasi tahun ini. (Foto : Kuncoro S/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Banjar Sugihan akhir tahun ini akan beroperasi. Rencananya RPH di Jalan Pegirian, akan dipindah ke RPH di Banjar Sugihan, Surabaya Barat. 

Di RPH ini lahannya luas dan jauh dari keramaian. Dari Jalan Raya Banjar Sugihan masuk ke RPH sekitar 300 meter. RPH Pegirian nantinya akan digunakan perluasan Wisata Religi Sunan Ampel. 

Ketik.co.id, Kamis ( 30/03/23) melihat ke lokasi RPH di atas. Hari itu sedang diadakan rapat koordinasi rencana pemindahan RPH Pegirian ke Banjar Sugihan. Untuk sementara kalau RPH Banjar Sugihan beroperasi akan digunakan sebagai rumah potong babi. Sedangkan pemotongan hewan yang lain menyusul. 

Pembenahan RPH Banjar Sugihan dan penampungan hewan ini ditargetkan selesai akhir 2023. Sedangkan pengadaan dan perlengkapan di RPH tersebut masih dalam proses lelang. Anggaran disediakan Rp 5,5 miliar. 

"Di lokasi RPH Banjar Sugihan bisa ditempati dan menyimpan hewan lebih banyak," kata Iman K Mahardono, Kabit Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Surabaya.

Di kota Surabaya ini ada dua RPH. Lokasinya di Jalan Pegirian Surabaya Utara dan Kedurus Surabaya Selatan. RPH Kedurus rencananya akan direlokasi tapi ditolak oleh para jagal di sana. Beberapa jagal ada yang setuju kalau relokasi tersebut ke RPH Banjar Sugihan. Sedangkan RPH Banjar Sugihan selama ini belum ada aktivitas.

Sampai saat ini aktivitas RPH Kedurus masih berjalan seperti hari-hari biasa. Rencana relokasi tahun lalu terpaksa ditunda. Ada beberapa pertimbangan dari PD RPH mengapa relokasi dijadwalkan ulang. Alasan penolakan para jagal menunggu RPH Banjar Sugihan siap.

Fajar Arifianto Isnugroho, Dirut PD RPH Surabaya mengatakan, pemindahan RPH Kedurus masih dipertimbangkan. 

"RPH Bajar Sugihan belum selesai dan ada penolakan para jagal," katanya kepada seorang jurnalis. 

RPH Pegirian berdiri sejak tahun 1948 menempati lahan 1, 4 ha. Secara bertahap kegiatan RPH Pegirian akan dipindahkan ke RPH di Banjar Sugihan. Sedangkan RPH di Kedurus juga akan direlokasi ke RPH Banjar Sugihan. Dikutip dari web Pemkot Surabaya, lahan RPH Pegirian akan digunakan untuk perluasan wisa religi Sunan Ampel. (*)

Tombol Google News

Tags:

rumah potong Pegirian. Pindah. Banjar sugihan