RS Hermina Madiun Diresmikan, Warga Kian Mudah Dapat Pelayanan Kesehatan

Jurnalis: Kurniawan
Editor: Gumilang

11 September 2024 21:00 11 Sep 2024 21:00

Thumbnail RS Hermina Madiun Diresmikan, Warga Kian Mudah Dapat Pelayanan Kesehatan Watermark Ketik
Pj Wali Kota Madiun Edy Supriyanto memotong tumpeng saat peresmian Rumah Sakit Hermina Madiun /Kurniawan (Foto : Ketik.co.id)

KETIK, MADIUN – Rumah Sakit (RS) Hermina resmi dibuka. Peresmian  tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti pemotongan tumpeng, serta pengguntingan pita melati, sebagai simbol dimulainya layanan kesehatan untuk masyarakat Madiun, Rabu 11 September 2024.

Direktur Medis PT Medikaloka Hermina Tbk, dr Binsar Simorangkir mengatakan RS Hermina Madiun berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi. Selanjutnya juga mengutamakan keselamatan pasien dengan dukungan teknologi digital berbasis Electronic Medical Record (EMR). 

"RS Hermina Madiun kami bangun dengan lima lantai, luas bangunan 8.775 m², dan area parkir yang mampu menampung 115 mobil serta 904 motor. Kami menargetkan rumah sakit ini menjadi pusat rujukan di wilayah Madiun, terutama dalam layanan darurat, kesehatan ibu dan anak, perinatologi, serta tumbuh kembang anak," kata dr Binsar Simorangkir. 

RS Hermina dilengkapi fasilitas modern diantaranya Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang operasi, ICU, dan unit khusus untuk bayi (PICU/NICU) serta ruang persalinan. 

Rumah sakit ini memiliki layanan penunjang medis lengkap, termasuk farmasi, laboratorium, radiologi, serta fasilitas pengolahan limbah cair (IPAL) yang ramah lingkungan, gardu listrik PLN sendiri, dan genset untuk memastikan kelancaran operasional.

Manajemen rumah sakit, menerapkan standar tinggi dalam semua aspek, mulai dari pelayanan medis, keperawatan, logistik hingga operasional. Hal ini ditujukan untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas layanan, baik bagi pasien BPJS maupun non-BPJS.

“Kami berterima kasih kepada Pj. Walikota Madiun dan Kepala Dinas PTSP yang telah mendukung penuh proses perizinan, sehingga RS Hermina Madiun dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kami berharap rumah sakit ini bisa memberikan kontribusi besar bagi kesehatan masyarakat Madiun dan sekitarnya,” ujar dr Binsar menutup sambutannya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto, menyampaikan apresiasinya atas peresmian dan pembukaan RS Hermina Madiun. Menurutnya, keberadaan rumah sakit ini akan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan berkualitas. 

"Dengan diresmikannya RS Hermina Madiun, warga tidak perlu lagi keluar kota untuk mendapatkan layanan kesehatan yang memadai," jelasnya.

Informasi yang diperoleh, pembangunan RS Hermina Madiun dimulai pada November 2023, di atas lahan seluas 10.467 m² atas inisiatif sejumlah dokter di Madiun yang berkolaborasi dengan Hermina Grup. 

RS Hermina Madiun yang terletak di Jalan Sido Makmur, Ringroad Barat, Kelurahan Manguharjo, Kota Madiun, menjadi bagian dari jaringan Hermina yang ke-49 dan rumah sakit ke-10 di Kota Madiun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Rumah Sakit Hermina Pj Walikota Kota Madiun cabang ke 10