Sah! Kawasan Ijen Bondowoso Terima Sertifikat dari Unesco Global Geopark

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat

10 September 2023 08:48 10 Sep 2023 08:48

Thumbnail Sah! Kawasan Ijen Bondowoso Terima Sertifikat dari Unesco Global Geopark Watermark Ketik
Bupati Salwa Arifin bersama Kepala Disparbudpora Bondowoso, Moelyadi (Baju hijau) usai menerima penghargaan dari Unesco Global Geopark, (9/9/2023). (Foto: Humas Prokopim Bondowoso for Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Setelah melewati tahapan demi tahapan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Bondowoso menerima sertifikat atas kawasan Ijen sebagai bagian dari Unesco Global Geopark (UGG).

Penyerahan sertifikat tersebut diterima langsung oleh Bupati Salwa Arifin dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Moelyadi, di Maroko, Sabtu (9/9/2023).

Penerimaan sertifikat ini menjadi pengakuan dunia internasional atas keindahan alam, keanekaragaman geologi, dan upaya pelestarian lingkungan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

Dalam keterangan persnya, Bupati Salwa Arifin mengatakan, rasa syukur dan terima kasihnya pada semua pihak yang berkontribusi atas capaian ini.

Karena, pengakuan UGG adalah bukti nyata bahwa wilayah Bondowoso, memiliki potensi luar biasa untuk pariwisata berkelanjutan dan pelestarian alam.

"Kami juga berjanji akan terus mendukung upaya pelestarian dan pengembangan wilayah ini sebagai tanggung jawab," jelasnya seperti dikutip dalam release yang diunggah di akun Instagram resmi Prokopim Bondowoso.

Ia pun mengundang semua pihak, baik dari dalam atau pun luar Bondowoso untuk datang dan menjelajahi keindahan alam, keajaiban geologi serta budaya lokal yang ada di kawasan Ijen Geopark.

"Penerimaan penghargaan ini menjadi tonggak sejarag dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

#IjenGeopark #BondowosoHariIni #BupatiSalwa #UnescoGlobalGeopark