Sava Zada Brace, Sidoarjo libas Kediri 8-0 di Sepak Bola Putri Porprov Jatim 2023

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Muhammad Faizin

7 September 2023 15:21 7 Sep 2023 15:21

Thumbnail Sava Zada Brace, Sidoarjo libas Kediri 8-0 di Sepak Bola Putri Porprov Jatim 2023 Watermark Ketik
Sava Zada nomor punggung 18 selebrasi menari-nari usai cetak gol ke-7. (Foto : Deltafams for Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Tim sepak bola putri Kabupaten Sidoarjo berhasil melenggang ke babak semifinal dalam gelaran Porprov VIII 2023. Raihan ini dicapai setelah mereka berhasil mengandaskan tim dari Kota Kediri pada pertandingan yang dihelat di Stadion Jenggolo, Kamis (7/9/2023) dengan skor telak 8-0.

Begitu peluit babak pertama ditiup wasit, tim Sidoarjo terus melakukan serangan ke gawang tim Kediri. Bahkan tekanan demi tekanan pun tak luput dilakukan pada setiap pemain Kediri yang memegang bola.

Hasilnya, pertandingan baru berjalan dua menit, penyerang Sidoarjo Devi Radiana Safitri berhasil menyarangkan bola ke gawang tim Kediri. Skor berubah 1-0.

Namun tak berselang lama, pemain belakang Chelsea Trinita Noviantika berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 pada menit ke-5.

Permainan pun semakin terlihat berat sebelah, lantaran tekanan yang dilakukan tim Sidoarjo yang hanya mampu sesekali dibalas lewat serangan balik oleh Kediri. Bahkan dominasi Sidoarjo semakin terasa setelah gol ketiga Sidoarjo lahir melalui kaki Andini Angelina Putri pada menit ke-11.

Bukan tanpa perlawanan, lantaran bek Sidoarjo Ellen Tria Ferlika yang juga memperkuat Timnas U-19 sesekali harus berjibaku menghalau bola.

Permainan bola bola pendek dari kaki ke kaki ciri khas Sidoarjo dialirkan dengan baik. Hingga akhirnya gol keempat datang. Kali ini sang kapten, Ria Syanina Al Qurin mencetak gol di menit 21. Bahkan sebelum turun minum, Tim Kota Delta mengokohkan keunggulan dengan tambahan satu gol dari kaki pemain tengah Siti Rusdianna Retno Sari yang juga pemain timnas Indonesia U-19 pada menit ke-44. Skor 5-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, tim Sidoarjo masih terlihat sangat mendominasi. Bahkan permainan hanya setengah lapangan. Merasa di atas angin, pemain Sidoarjo yang mengandalkan umpan-umpan pendek semakin nyaman. Sejumlah pergantian yang dilakukan tim Kediri pun tak mampu meruntuhkan dominasi dari Sidoarjo.

Untuk counter strategi parkir bus yang diterapkan tim Kediri, pemain dari Sidoarjo pun mencoba memancing dengan memainkan bola hingga ke penjaga gawang. Namun hingga menit 70 babak kedua, skor belum berubah.

Melihat kebuntuan tim, pelatih Sidoarjo David Setyawan lantas memasukkan satu lagi bintang Timnas U-19, Armenia Nur Sava Zada menggantikan sang kapten pada menit ke-71.

Pergantian ini pun membuahkan hasil, setelah Sava yang terkenal memiliki tendangan yang akurat berhasil menambah keunggulan Sidoarjo menjadi 6-0 pada menit ke-81 setelah tendangannya dari luar kotak penalti tak mampu dihalau oleh penjaga gawang Kediri, Elisa Desi Trisnawati.

Meski ketinggalan hingga 6 gol, semangat tim Kediri tak sedikitpun kendor. Mereka tetap memberikan perlawanan dengan sesekali memanfaatkan kesalahan tim Sidoarjo untuk melakukan serangan balik. Namun sayangnya mereka harus kebobolan lagi, setelah gelandang pekerja keras nomor punggung 13 Sidoarjo, Chelsea Cinta Avrilia dengan sekali sontekan menyarangkan bola di sisi kiri atas gawang Kediri.

Keunggulan besar ini lantas ditutup dengan sebuah gol lagi dari Sava yang baru sembuh dari cederanya pada menit 86. Skor akhir 8-0 hingga pertandingan usai.

Ditemui usai pertandingan pelatih tim Kediri, Hadiah Anton Fauzi mengapresiasi perjuangan anak asuhnya. “Apapun hasilnya, saya sangat bangga dengan anak-anak, mereka tetap berjuang sekuat tenaga terlepas dari hasil yang didapatkan,”ujarnya.

Di lain sisi manager tim Sidoarjo sangat bersyukur dengan kemenangan hari ini. “Alhamdulillah kami semakin dekat dengan target emas yang kami canangkan sejak pembentukan tim 6 bulan lalu,” terangnya.

Sementara Sava Zada yang menciptakan brace pada pertandingan ini tak menyangka bisa mencetak dua gol. “Saya hanya memanfaatkan peluang saja, ada kesempatan untuk tendang ya tendang, dan akhirnya ada dua gol yang terjadi,” ucapnya yang mengaku masih belum benar benar fit dari cederanya.

Dengan hasil maksimal ini, maka Sidoarjo pun lolos ke babak semifinal cabor Sepakbola Putri dengan status juara grup. Di partai semifinal Sidoarjo akan bertemu dengan juara grup C, Kabupaten Lamongan. Rencananya pertandingan ini akan digelar di Stadion Jenggolo, Senin (11/9/2023). (*)

Tombol Google News

Tags:

sidoarjo kediri Timnas Indonesia U-19 Sava Zada Porprov Jatim 2023 Pekan Olahraga Provinsi Sepak bola putri Brace