Jabar Tambah Medali Emas dari Cabor Sepak Bola Putri dan Wushu Putra

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

15 September 2024 10:59 15 Sep 2024 10:59

Thumbnail Jabar Tambah Medali Emas dari Cabor Sepak Bola Putri dan Wushu Putra Watermark Ketik
Ketum PSSI Erick Thohir menyerahkan medali kepada para juara sepak bola putri di Stadion Mini Disporasu, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (14/9/24).(Foto: Koni)

KETIK, BANDUNG – Kontingen Jawa Barat terus mendulang medali emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Kali ini tambahan medali emas ditorehkan pada cabang olahraga (cabor) sepak bola putri setelah Jabar melibas DKI Jakarta di partai final. Satu lagi dari cabor Wushu Putra. 

Pada pertandingan sepak bola putri yang disaksikan langsung Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman ini berakhir untuk kemenangan Jabar dengan skor 3-0. 

Pertandingan tensi tinggi itu berlangsung di Stadion Mini Disporasu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (14/9/2024). Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir turut menyaksikan di tribun VIP. 

Ketiga gol Jabar disumbangkan Risdillah Siti Nurrohmah pada menit 39 dan 50, kemudian satu gol lainnya oleh Helsya Maisyaroh melalui titik putih pada menit 82. 

Selepas wasit meniup peluit panjang kedua, para pemain Jabar langsung melakukan sujud syukur di lapangan. Mereka tak kuasa menahan kegembiraan karena berhasil menambah pundi emas. Tak sedikit di antaranya juga meneteskan air mata. 

Medali emas pun dikalungkan kepada kontingen Jabar oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. 

“Alhamdulillah, pertandingan final sepak bola putri Jabar melawan DKI Jakarta, kita menang,” ucap Herman Suryatman ditemui usai pertandingan. 

Pelatih Jabar, Fauzi Bramantio mengakui emas menjadi target mereka sejak awal mengikuti PON. Apalagi, di bawah asuhannya Jabar telah dipersiapkan selama setahun lebih untuk bisa mendapatkan hasil terbaik.

"Alhamdulillah. Semua memang kita persiapkan sangat bagus. Memang kita juga persiapan cukup lama, kita sudah cukup lama sampai hari ini. Mungkin kurang lebih ada 1 tahun 8 bulan kita persiapan sebenarnya. Jadi saya rasa proses yang sudah memang kita jalani, ya alhamdulillah terbayarkan dengan hasil yang didapatkan hari ini," ungkap Fauzi.

Ia juga mengaku memiliki percaya diri yang cukup tinggi untuk bisa menang di partai final untuk mendapatkan emas.

"Apalagi saya pun kemarin di PON Papua walaupun saya sebagai asisten, tapi kita gagal. Hari ini saya tidak mau gagal yang kedua kalinya," tandasnya.

Rahasia lain di balik kemenangan timnya menurut Fauzi karena ketenangan para pemain di semua lini.

"Ya memang saya instruksikan hari ini anak-anak itu saya sudah bilang, kalian hari ini itu mega konser kalian. Jadi nikmati pertandingannya, tidak perlu ada beban, tidak perlu ada rasa ketakutan, kesalahan. Jadi, nikmatilah pertandingannya itu yang saya instruksikan ke anak-anak," ungkap Fauzi.

Sementara itu lewat akun media sosialnya, Erick Thohir memberikan ucapan selamat kepada tim putri Jabar. 

"Nonton final PON XXI Sepak Bola Putri di Medan, Sumatera Utara. Senang bisa melihat talenta-talenta perempuan di PON kali ini," tulisnya. 

"PON ini menjadi panggung bibit pemain perempuan sekaligus menambah talent pool pemain yang memiliki potensi memperkuat timnas Indonesia.Selamat untuk kontingen Jawa Barat," ujar Erick. 

Raihan medali emas pada cabor sepak bola putri ini menambah perolehan medali Jabar menjadi 91 emas, 84 perak, dan 84 perunggu yang menempatkan Jabar di posisi kedua. (*)

Tombol Google News

Tags:

sepak bola Sepak bola putri PON XXI Medali Emas kontingen jabar