Sebagian Warga Probolinggo Merayakan Idul Fitri Hari Ini

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Marno

21 April 2023 06:18 21 Apr 2023 06:18

Thumbnail Sebagian Warga Probolinggo Merayakan Idul Fitri Hari Ini Watermark Ketik
Keluarga Alen dan Novita Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces merayakan hari raya Idul Fitri, Jumat (21/4/2023). Foto : Dok Novita untuk Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Sebagian umat Islam di Kabupaten Probolinggo mulai merayakan Idul Fitri 1444 hijriah, 21 April 2023. 

Pantauan ketik.co.id, ada banyak titik pelaksanaan Salat Id di antaranya di Lapangan Paiton, Sukodadi, Kecamatan Paiton. Selain itu, di Masjid At Taqwa Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces dan yang menjadi imam di Masjid ini adalah Ustad Putut Tri Subekti dari Ponpes Persis Bangil.

Lazimnya perayaan hari raya, usai melaksanakan salat Id,  warga terlihat beramah tamah dengan sanak saudaranya.

Seperti yang dialami Keluarga Alen dan Novita, di Desa Sumberkedawung  Kecamatan Leces."Alhamdulillah, bisa menikmati lebaran di rumah suami," ujar Novita kepada ketik.co.id.

Sementara itu, Pemkab Probolinggo dan Ormas PCNU Kraksaan dan PCNU Kabupaten Probolinggo, akan melaksanakan salat Id,  Sabtu, (22/4/2023).

"Seperti tahun tahun sebelumnya, untuk jajaran pemerintah kabupaten, kita akan pusatkan pelaksanaan salat Id di Masjid Agung Ar Raudlah Kraksaan," ujar Plt Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko melalui Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, kepada ketik.co.id.

Sedangkan terkait perbedaan pelaksanaan salat Id, Ugas mengaku bahwa perbedaan itu adalah anugerah."Keberagaman, bukan untuk diseragamkan dan bukan untuk dipertentangkan. Kita harus menghargai keyakinan masing masing dan harapan kami dari Pemkab Probolinggo, seluruh umat beragama tetap menjaga kerukunan dan menjaga silaturrahmi," tandasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri 1444 hijriah Salat Ied Probolinggo