Sebanyak 732 Dewan Resmi Dilantik sebagai Anggota DPR dan DPD RI Periode 2024-2029

Jurnalis: Surya Irawan
Editor: Muhammad Faizin

1 Oktober 2024 17:00 1 Okt 2024 17:00

Thumbnail Sebanyak 732 Dewan Resmi Dilantik sebagai Anggota DPR dan DPD RI Periode 2024-2029 Watermark Ketik
Para Pimpinan Sementara DPR/DPD/MPR RI menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto di Gedung Kura-kura, Senayan, Jakarta (Foto: Tangkapan Layar)

KETIK, JAKARTA – Sebanyak sebanyak 732 anggota dewan terdiri dari 580 anggota DPR RI terpilih dan 132 anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 secara resmi dilantik. Mayoritas legislator dan senator tersebut diisi oleh wajah-wajah lama. 

Pengambilan sumpah janji digelar dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Nusantara DPR/DPD/MPR atau Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2024.

Prosesi pelantikan wakil rakyat dan wakil daerah ini digelar sebanyak 3 kali. Dimulai dari pelantikan anggota DPR, kemudian DPD dan terakhir pelantikan sebagai anggota MPR RI.

Anggota DPR/DPD tertua dan termuda ditunjuk menjadi Pimpinan Sementara DPR, DPD dan MPR. Guntur Sasono dari Partai Demmokrat dan Annisa MA Mahesa dari Partai Gerindra menjadi Pimpinan Sementera DPR.

Guntur Sasono, anggota DPR dari daerah pemilihan (dpil) Jawa Timur VIII, meliputi wilayah Jombang, Madiun, Mojokerto, dan Nganjuk. Sementara Dapil dari Banten II meliputi Kabupaten/Kota Serang dan Kota Cilegon.

Sedangkan Ismeth Abdullah, Anggota DPD asal Provinsi Kepulauan Riau dan Larasati Moriska dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menjadi Pimpinan Sementara DPR.

Sementara Pimpinan Sementara MPR dipimpin Guntur Sasono dari Partai Demokrat dan Larasati Moriska, Anggota DPD RI dari Kaltara.

Pelantikan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Hadir pula mantan Wakil Presiden (Wapres) Tri Sutrisno, Jusuf Kalla dan Boediono.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029.

Lalu, Sekjen DPD Rahman Hadi membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPD periode 2024-2029.

Sementara Plt Sekjen MPR Siti Fauziyah membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan MPR periode 2024-2029.

Selanjutnya, 580 wakil rakyat dan 152 senator mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dan DPD, serta terakhir seluruh anggota MPR yang berjumlah 732 mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Selanjutnya, prosesi ini dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR secara simbolis yang disaksikan Ketua MA. 

Setelah itu, dilakukan penyerahan Memori Jabatan dari Pimpinan DPR, DPD, MPR RI Periode 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPR, DPD dan MPR RI dan dilanjutkan berita acara serah terima.

"Kiranya, dapat dipergunakan sebagai bahan masukan bagi DPR RI masa keanggotaan 2024-2029 dalam melaksanakan tugas konstitusional," kata Guntur Sasono usai menerima buku Memori Jabatan DPR.

"Semoga menjadi langkah awal dalam mengemban amanah konstitusi sebagai anggota DPD dan secara konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah di tingkat pusat," lanjut Ismeth Abdullah usaimenerima buku Memori Jabatan DPD. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPR DPD MPR Pelantikan Anggota Dewan