Sebelas Guru SMKN 1 Rejotangan Raih Penghargaan di Peringatan Hari Guru Nasional

Jurnalis: Sugeng Hariyadi
Editor: Muhammad Faizin

25 November 2023 14:48 25 Nov 2023 14:48

Thumbnail Sebelas Guru SMKN 1 Rejotangan Raih Penghargaan di Peringatan Hari Guru Nasional Watermark Ketik
Sembilan guru penerima Penghargaan Satya Lencana Karya Satya dan dua guru penerima penghargaan sebagai Guru Berprestasi di peringatan Hari Guru Nasional di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. (Foto : Sugeng/ketik.co.id)

KETIK, TULUNGAGUNG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Rejotangan, Tulungagung punya cara khusus untuk mengisi peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023. Selain mengggelar upacara bendera di halaman sekolah pada Sabtu (25/11/2023) pagi, juga ada sejumlah kejutan. 

Kejutan dipersembahkan untuk para pahlawan tanpa tanda jasa ini di peringatan Hari Guru Nasional ke -78.

Kejutan yang pertama adalah, pemberian penghargaan Satya Lencana Karya Satya yang diterima oleh 9 guru pengajar dengan masa pengabdian 10 tahun dan pemberian penghargaan kategori sebagai guru berprestasi.

Sembilan Guru penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya mereka adalah :

1. Dra. Sumiati

2. Hari Supadmiasri, S.Pd.

3. Dodik Setiawan, S.Pd.

4. Kaminfiatin, S.Pd.

5. Katini Yuniarti, S.Pd.

6. Fatmawati, S.Pd.

7. Listianawati, S.Pd.

8. Ardi Santoso, S.T

9. Andik Suprapto

Sedangkan dua Guru yang mendapat penghargaan sebagai Guru Berprestasi adalah :

1. Anggun Triadji Nitasari Yuliana, S.Pd., Gr. 2. Ahmad Wildan, S.Pd., Gr.

Kejutan yang kedua saat upacara berlangsung, puluhan siswa-siswi masing-masing membawa bucket bunga berjalan menghampiri guru yang berada didepan barisan siswa putra untuk memberikan bucket bunga tersebut kepada guru yang mereka tuju, menjadikan suasana keharuan bercampur senang atas perhatian dari siswa siswi yang mereka tunjukkan kepada gurunya.

Secara bergiliran siswa-siswi tersebut memberi bunga kepada guru kesayangannya dengan tertib. Uniknya, hampir semua guru mendapatkan bunga dari siswa. Namun ada sejumlah guru muda yang kebagian bunga paling banyak.

Foto Kepala SMKN 1 Rejotangan Drs. Masrur Hanafi, M.M., saat memberikan selamat kepada Ke sembilan guru penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya saat peringati Hari Guru Nasional ke 78 Tahun 2023.Kepala SMKN 1 Rejotangan Drs. Masrur Hanafi, M.M., saat memberikan selamat kepada sembilan guru penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya saat peringati Hari Guru Nasional ke 78 Tahun 2023.

Kepala SMKN 1 Rejotangan Drs. Masrur Hanafi, M.M., melalui Sodikin, M.M.Pd., Waka Sarpras saat di konfirmasi media online nasional Ketik.co.id mengatakan, ada makna khusus dalam Upacara Bendera untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2023. 

"Dengan mengikuti tema dari bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim pada peringatan Hari Guru Nasional ke - 78 yaitu bergerak bersama rayakan merdeka belajar," kata Sodikin.

"Di SMKN 1 Rejotangan ini memberikan satu harapan, dengan bertambahnya usia hari guru ini , maka peranan guru untuk membangun sikap, ketrampilan, penampilan, pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya masing-masing," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, maka dari sisi tersebut, peranan guru diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi yang akan menjadi seorang calon pemimpin di 2045.

"Harapan kami, selaku pendidik di lembaga ini, tetap bisa meneladani semangat para guru, para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah lampau, sehingga ini menjadi estafet yang berkesinambungan di lembaga ini." Pungkasnya.

Vina, salah satu pelajar kelas XI jurusan Administrasi SMKN 1 Rejotangan mengatakan, ini merupakan hari yang penuh bahagia. Karena mereka sebagai pelajar bisa ikut bersama merayakan Hari Guru Nasional ke - 78.

"Kami sebagai pelajar SMKN 1 Rejotangan ikut senang dan bangga ada guru kami yang menerima penghargaan sebagai guru berprestasi dan penghargaan Satya Lencana Karya atas pengabdiannya," ujar Vina.

"Terimakasih guruku, engkaulah figur penyayang dengan penuh kesabaran memberikan ilmu kepada anak-anakmu ini," ucapnya.

"Dengan buket bunga ini sebagai tanda kami semua sayang kepada mu guruku. Selamat Hari Guru Nasional ke - 78 tahun 2023. Sukses SMKN 1 Rejotangan, semoga tambah berprestasi dan maju," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tulungagung #SMKN 1 Rejotangan Hari Guru Nasional Satya Lencana Karya Satya Guru Berprestasi