Pamerkan Produk UMKM di Jatim, Dinas Koperasi dan UMKM Gelar The 11th KUKM Expo 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

31 Juli 2024 12:45 31 Jul 2024 12:45

Thumbnail Pamerkan Produk UMKM di Jatim, Dinas Koperasi dan UMKM Gelar The 11th KUKM Expo 2024 Watermark Ketik
Asisten II bidang Perekonomian Pemprov Jatim Joko Irianto bersama dengan Plh Dinas Koperasi dan UMKM Iwan mendatangi both dari Tulungagung, Rabu (31/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Timur menggelar The 11th KUKM Expo 2024 dengan hadirkan beberapa produk UMKM yang ada di berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam event ini, membuat produk dari berbagai daerah di Jawa Timur dipromosikan di Grand City Surabaya mulai 31 Juli hingga 4 Agustus 2024.

"Melalui event ini produk dari berbagai daerah mulai diperkenalkan untuk menambah perekonomian di Jatim," ucap Asisten II bidang Perekonomian Pemprov Jatim Joko Irianto, Rabu (31/7/2024).

Joko menjelaskan dalam event ini beberapa produk dari daerah lain ikut meramaikan. Terlebih dari Tulungagung yang menampilkan beberapa produk seperti marmer dan batik khas kawasan tersebut.

"Banyaknya pariwisata yang ada di Jawa Timur seperti pantai yang dilewati Tol lintas selatan, serta ada wisata gunung wilis yang memang perlu di kembangkan lagi pariwisata di Tulungagung," ucap Joko.

Dengan dibangun Tol dan JLS itu bisa meningkatkan ekonomi di wilayah tersebut. Seperti Madiun, Ngawi, dan Jombang yang memang saat ini menjadi sasaran investasi di wilayah tersebut. "Ini cukup bagus dimana perekonomian di Jawa Timur akan semakin maju," bebernya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Tulungagung Heru Suseno menjelaskan melalui event ini Tulungagung menampilkan beberapa potensi dari daerah yang dikenal sebagai kota Cethe. "Kita diberikan kesempatan untuk menampilkan potensi dari Tulungagung sebagai City of Charm," bebernya.

 

Foto Pemaran UMKM yang digelar di Grand City Surabaya dibuka Asisten II bidang Perekonomian Pemprov Jatim Joko Irianto, Rabu (31/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pemaran UMKM yang digelar di Grand City Surabaya dibuka Asisten II bidang Perekonomian Pemprov Jatim Joko Irianto, Rabu (31/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)



Dengan basis potensi yang ada di Tulungagung, Heru yakin jika wilayahnya bisa menjadi pusat pertumbunhan Jawa Timur bagian selatan. "Karena memang potensi kami mendukung adanya jalan tol dan JLS yang saat ini masih tahap pembangunan yang kesempatan bagi kami," ucapnya.

Dengan langkah ini, Heru sudah mulai merancang beberapa persiapan untuk menjadi pusat perekonomian wilayah selatan. "Persiapan ini bisa dilakukan dengan cara mempersiapkan infrastruktur, invesyasi dan lainnya. Melalui event ini kesempatan bagi kami untuk UMKM di Tulungagung," terang Heru.

Sedangkan, Plh Dinas Koperasi dan UMKM Iwan menjelaskan terget event yang digelar tersebut untuk memasarkan potensi yang ada dari daerah di Jatim. "Selain itu kami juga membantu UMKM ini untuk memasarkan dari lokal maupun internasional, karena memang peluang pasar lokal dan mancanegara terbuka lebar," bebernya. (*)

Tombol Google News

Tags:

UMKM The 11th KUKM Expo 2024 Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Jawa timur Tulungagung Potensi Tulungagung