Sekda Kabupaten Malang Diusulkan Jadi Kandidat PJ Wali Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

3 Agustus 2023 06:53 3 Agt 2023 06:53

Thumbnail Sekda Kabupaten Malang Diusulkan Jadi Kandidat PJ Wali Kota Malang Watermark Ketik
Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika saat ditanya tentang kandidat PJ Wali Kota Malang (Foto: Lutfia/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – DPRD Kota Malang bakal undang Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat untuk menjadi kandidat PJ Wali Kota Malang. Pemanggilan tersebut merupakan buntut dari dua kandidat yang mengundurkan diri.

Dijelaskan Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika bahwa pihaknya melakukan penambahan proses penjaringan.

"Kemarin kita sepakat melakukan tambahan penjaringan. Kalau tiga saja yang dibahas, tidak akan ada pembandingnya. Jadi kita buka lagi penjaringan malam nanti," jelas Made pada Kamis (3/8/2023).

Pemilihan Wahyu Hidayat sebagai kandidat didasarkan pada keinginan DPRD Kota Malang untuk mengusulkan nama dari Malang Raya. Terlebih Wahyu Hidayat dinilai dapat mengenal karakteristik Kota Malang meskipun bekerja di Kabupaten Malang.

"Kita ada mengundang Sekda Kabupaten Malang, Pak Wahyu Hidayat. Kita sepakat kemarin dinamikanya sepanjang dari Malang Raya. Pak Wahyu Hidayat ini warga Malang, yang bertugas di kabupaten, tahu persis karakteristik Kota Malang. Kita akan penjajakan ke beliau, nanti malam akan kita undang jam 19.00 WIB," tambahnya.

Saat ini masih terdapat satu opsi untuk mengisi kandidat PJ Wali Kota Malang. DPRD Kota Malang masih memiliki waktu untuk pencalonan hingga tanggal 9 Agustus 2023 nanti.

"Kita lihat dinamika rapat pimpinan fraksi seperti apa. Tapi yang jelas kami punya tenggang waktu untuk paripurna sampai tanggal 8 Agustus 2023, karena tanggal 9 Agustus 2023 nama-namanya harus sudah terkirim," jelasnya.

Pasalnya pada Rabu (3/7/2023), dua dari lima kandidat PJ Wali Kota Malang yang akan diusulkan ke pusat telah mengundurkan diri. Kedua kandidat tersebut ialah Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang Handi Priyanto dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang Subkan.

"Dari penjaringan kemarin, kita sudah menanyakan ketersediaan. Kami sepakat tidak menanyakan visi misi karena PJ tidak boleh menyampaikan visi misi, mereka melanjutkan RPD yang sudah disusun bersama. Kalau dirasa kurang, akan kita lakukan penjaringan lagi," ungkap Made.(*)

Tombol Google News

Tags:

pj wali kota malang Kandidat PJ Wali Kota Kota Malang