Sembako Murah Atasi Kelangkaan Pangan di Pacitan

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Marno

13 April 2023 04:36 13 Apr 2023 04:36

Thumbnail Sembako Murah Atasi Kelangkaan Pangan di Pacitan Watermark Ketik
Suasana Gelar Pangan Murah 2023 di Kabupaten Pacitan, Kamis (13/4/2023). (FOTO: Aldi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Mengantisipasi kelangkaan bahan pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pacitan, menggandeng DKPP Provinsi Jawa Timur menggelar sembako murah di depan Gedung Gasibu Swadaya, Kamis (13/4/2023). 

Sejak pukul 08.30 WIB, tampak warga antusias mengantre demi mendapatkan sembako murah. Seperti beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih dan juga bahan pangan yang lainnya. 

Kabid Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Pujiatiningsih menjelaskan, hal ini untuk menjaga stabilitas stok bahan pokok dengan harga yang lebih murah, namun berkualitas. 

"Hari ini kami gelar pangan murah dan berkulitas agar bahan pokok tetap stabil," katanya kepada ketik.co.id.

Selain menyediakan kebutuhan pokok, seperti minyak goreng, beras, dan yang lainnya, disediakan pula kebutuhan lain seperti sayur mayur maupun buah-buahan dengan harga terjangkau.

"Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujar Puji. 

Kewaspadaan terhadap beberapa harga komoditas di lapangan ditekankan Pujiatiningsih. Di antaranya harga bawang putih, telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit. 

"Gelar pangan murah ini juga dalam rangka menjaga stabilitas harga,” ujarnya lagi.

Untuk harga, kata dia, sudah pasti mengikuti acuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Misalnya saja minyak goreng Minyakita dijual Rp14 ribu per liter, bawang merah Rp24 ribu per kilo gram. 

Dalam kesempatan itu, Kepala DKPP Pacitan Pamuji mengapresiasi langkah Pemprov Jatim melakukan stabilitas harga bahan pokok bagi warga dan juga menahan ancaman inflasi. 

"Terima kasih Bu Gubernur Khofifah, kalau bisa sering diadakan di sini, warga kami cukup senang," jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

sembako murah dkpp pacitan kabupaten pacitan pacitan