Sepuluh Kali, Pengelolaan APBD Kabupaten Probolinggo Raih WTP

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Marno

25 Mei 2023 21:47 25 Mei 2023 21:47

Thumbnail Sepuluh Kali, Pengelolaan APBD Kabupaten Probolinggo Raih WTP Watermark Ketik
Plt Bupati Probolinggo H.A. Timbul Prihanjoko (tengah) bersama Sekda Ugas Irwanto dan beberapa pejabat eselon II Pemiab Probolinggo, Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5/2023) sore. (Foto : Dok Diskominfo)

KETIK, PROBOLINGGO – Kiprah Plt Bupati Probolinggo H.A  Timbul Prihanjoko meneruskan estafet kepemimpinan bupati sebelumnya, Hj Tantriana Sari mendapat apresiasi sejumlah kalangan.   

Pemkab Probolinggo, kembali mendapatkan penghargaan dengan poin tertinggi se Jatim yaitu 98,42 persen. Capaian ini, terkait tata kelola APBD Kabupaten Probolinggo.   

Penghargaan ini sudah ke sepuluh kalinya dari BPK RI, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022. 

Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, CFrA, CSFA menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), kepada Plt Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko didampingi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5/2023) sore. 

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengaku puas dan bangga atas kinerja Pemkab Probolinggo sehingga mampu terus mempertahankan opini WTP bahkan sampai 10 kali berturut-turut   

"Budaya opini WTP yang dimiliki Pemkab Probolinggo ini, bukanlah perkara mudah. Pemkab Probolinggo harus mampu selalu menyajikan laporan keuangan secara profesional, akuntabel dan transparan sebagai alat pertanggungjawaban sehingga sesuai dengan harapan bersama. Ini juga wajib dipertahankan," ujarnya. 

Sedangkan Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi,  dalam sambutannya memberikan ucapan selamat serta mengapresiasi kepada semua Pemerintah Daerah yang telah meraih dan mempertahankan Opini WTP sehingga mampu meraihnya secara berturut-turut. 

 “Masih ada beberapa temuan yang harus diperhatikan dan terus diperbaiki. Terima kasih atas support jajaran Pemerintah Daerah di Jawa Timur dengan memberikan data dan berkomunikasi yang baik dengan kami. Sehingga perjalanan pemeriksaan ini berjalan dengan lancar,” katanya. 

Sementara itu, dalam proses serah terima penghargaan, Plt Bupati juga didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina serta Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian. 

“Ini adalah prestasi kolektif. Saya berharap birokasi Kabupaten Probolinggo terus di beri kemampuan untuk senantiasa mempertahankan prestasi ini," kata pak Joko, sapaan akrab H.A. Timbul Prihanjoko.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemkab Raih WTP BPK RI Pengelolaan APBD Kabupaten Probolinggo APBD Kabupaten Probolinggo