Stadion Gajayana Bakal Diperbaiki, Anggaran Rp51 Miliar Disiapkan untuk Persiapan Porprov

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

13 Agustus 2024 06:49 13 Agt 2024 06:49

Thumbnail Stadion Gajayana Bakal Diperbaiki, Anggaran Rp51 Miliar Disiapkan untuk Persiapan Porprov Watermark Ketik
Stadion Gajayana tampak dari dalam. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan menyiapkan anggaran Rp51 miliar untuk persiapan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur. Salah satunya untuk perbaikan Stadion Gajayana. 

Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi menjelaskan, perbaikan Stadion Gajayana baru difokuskan pada 2025 mendatang. 

"Kami rasionalisasi lagi sekitar Rp51 miliar hanya untuk perbaikan. Tidak ada kontruksi berat karena kita memperhatikan keuangan. Stadion Gajayana kan dibuat untuk pembukaan juga, harus bagus karena kita sebagai tuan rumah," ujar Baihaqi, Selasa (13/8/2024). 

Perbaikan tersebut meliputi pembangunan lintasan lari, pengecatan, perbaikan story board, lampu penerangan, dan sarana pendukung lainnya. 

Baihaqi menekankan bahwa total anggaran tersebut tak hanya digunakan untuk perbaikan, namun juga opening ceremony dan penyelenggaraan lomba antar cabang olahraga. 

"Itu total semuanya dengan bonus, biaya penyelenggaraan segala macam. Termasuk pengadaan peralatan, penyelenggaraan opening ceremoninya itu dari APBD," tambahnya. 

Kendati dianggarkan melalui APBD Kota Malang, Baihaqi berharap terdapat bantuan pembiayaan dari Pemprov Jatim. Kini pihaknya harus segera menyiapkan Detail Engineering Design (DED). 

"Memang proses penganggaran lewat SIPD dan segala macam kan terus berproses. Tapi seandainya tidak ada dari provinsi, kita harus siap. Kalau ada dari provinsi harapan kita, ya tinggal mengurangi saja," katanya. 

Selain Stadion Gajayana, GOR Ken Arok juga telah selesai dilakukan perbaikan. Nantinya perbaikan sarana olahraga juga akan dilakukan di lapangan Dinoyo untuk tenis. 

"Di Kota Malang ada 30 cabor yang ditandingkan. Kemudian di Kabupaten Malang ada 20 dan Kota Batu 12 cabor. Tapi itu masih kemungkinan, belum ditetapkan," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Stadion Gajayana Kota Malang Porprov Jatim Perbaikan Stadion Gajayana