Taman Rekreasi Selecta, Wisata Komplit untuk Berlibur Akhir Pekan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

23 September 2023 07:20 23 Sep 2023 07:20

Thumbnail Taman Rekreasi Selecta, Wisata Komplit untuk Berlibur Akhir Pekan Watermark Ketik
Bangunan Kantor Taman Rekreasi Selecta yang masih mempertahankan Arsitektur Belanda.(Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Taman Rekreasi Selecta di Kota Batu Jawa Timur merupakan tempat wisata yang sudah ada sejak zaman Belanda. Taman rekreasi yang berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu itu sampai saat ini masih menjadi favorit wisatawan.

Dikutip dari berbagai sumber, Taman Rekreasi Selecta mulai dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda dari tahun 1920, dan selesai pada tahun 1928. 

Nama Selecta berasal dari bahasa Belanda, yaitu “Selectie”, yang berarti pilihan. Karena Selecta pada zaman dahulu memang menjadi tempat pilihan bagi warga Belanda untuk berlibur.

Taman Rekreasi seluas 18 hektar tersebut memiliki pemandangan alam yang indah yang dipadu dengan hawa sejuk khas Gunung Arjuno. Selain itu, Selecta memiliki beberapa fasilitas untuk pengunjung. Diantaranya fasilitas yang dipertahankan sejak zaman Belanda. Berikut ulasannya.

Kolam Renang

Foto Seluncuran air di Kolam Renang Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Seluncuran air di Kolam Renang Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Fasilitas pertama yang ada di taman rekreasi Selecta adalah kolam renang. Ada dua kolam renang disana, yaitu untuk dewasa dan anak anak. Kolam renang di taman rekreasi Selecta juga menyediakan fasilitas tambahan. Seperti seluncuran air, ban renang, atau pelampung. 

Yang paling bersejarah dari kolam renang Selecta adalah papan seluncuran air. Karena, seluncuran dengan panjang 30 meter tersebut telah berumur hampir satu abad. Tepatnya, seluncuran air itu dibuat dari kayu ulin pada tahun 1930. Kerangka besi pada seluncuran tersebut masih dipertahankan seperti desain awal pembuatannya.

 

Taman Bunga Selecta

Taman Bunga Selecta menjadi tempat favorit pengunjung. Pasalnya, keindahan warna warni bunga sangat memanjakan mata pengunjung. Berbagai jenis bunga seperti mawar dan anggrek ditanam dan ditata secara rapi di taman ini. 

Foto Taman Bunga di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Taman Bunga di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk berselfi ria di taman bunga ini. Sebagian dari mereka hanya berjalan jalan untuk menikmati berbagai jenis bunga. Larangan keras dalam Taman Bunga Selecta adalah pengunjung dilarang memetik bunga bunga tersebut.

Wahana Sepeda Udara atau Sky Bike

Fasilitas berikutnya di Taman Rekreasi Selecta adalah sepeda udara atau Sky Bike. dari atas wahana ini, pengunjung dapat melihat hampir semua sudut Selecta, mulai dari taman bunga hingga kolam renang. Wahana lain yang tak kalah seru adalah kapal ayun atau yang lebih dikenal dengan nama kora-kora. Selain itu, terdapat juga wahana permainan lain seperti roller coaster dan flying fox.

Penginapan Vila Bimasakti 

Selain kolam renang, taman bunga dan wahana bermain, Selecta juga memiliki vila Bimasakti yang juga sangat bersejarah. Vila yang dulunya bernama Villa De Brandarice pernah menjadi tempat beristitrahat Presiden pertama RI, Soekarno. Bahkan Bung Karno meninggalkan catatan terkait kesannya waktu mengunjungi Selecta.

Peninggalan arsitektur bergaya kolonial Hindia Belanda masih tetap dipertahankan hingga kini. Mulai dari vila Bimasakti, gedung kantor dan perosotan di kolam renang Taman Rekreasi Selecta. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Taman Rekreasi Selecta Berlibur akhir pekan