Target 85 Persen Masyarakat Ikuti Pemilu 2024, Eri Cahyadi Gandeng Forkopimda Surabaya

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

13 Februari 2024 13:30 13 Feb 2024 13:30

Thumbnail Target 85 Persen Masyarakat Ikuti Pemilu 2024, Eri Cahyadi Gandeng Forkopimda Surabaya Watermark Ketik
(Kiri) Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi dan Eri Cahyadi dan saat mengunjungi TPS di Liponsos Surabaya.(Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengunjungi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di beberapa tempat untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar.

"Kali ini menargetkan 85 persen yang ikut dalam partisipasi ini, dan yang luar biasa ini juga Pak Kapolres ini memberikan hadiah untuk TPS yang terbaik dan terbanyak (pemilih) di setiap dapil," paparnya pada Selasa, (13/2/2024).

Eri juga menyampaikan pada lurah dan camat untuk mensuport yang sudah dilakukan oleh Forkopimda dan KPU Surabaya harus memastikan di wilayahnya pemilih harus mencapai 85 persen.

"Sehingga semakin banyak yang berpartisipasi, semakin bagus dalam kontestasi Pileg dan Pilpres ini," paparnya.

Mengenai keamanan Pemilu 2024, Eri Cahyadi memastikan bahwa dirinya bersama Forkopimda untuk mengerahkan Babinsa dan Babinkantipmas hingga memantau setiap TPS.

"Kami juga menerjunkan semua petugas-petugas kami yang ada di TPS, jadi insya Allah pemilihan ini berjalan lancar, aman dan nyaman dan di setiap TPS ada kegiatan sendiri-sendiri," jelasnya.

Mengenai pemilih pemula, Wali Kota Surabaya memastikan agar milenial dan Gen Z untuk ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 ini, jika nanti ada peserta yang tidak hadir maka akan didatangi ke tempat tinggalnya.

"Nanti petugas kami dari kelurahan kecamatan itu selalu kroscek, DPT berapa yang belum datang berapa, kita nanti akan datangi ke rumahnya untuk dorong mereka agar mau ke TPS," terang Eri.

Mengenai distribusi ke TPS, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menjelaskan bahwa distribusi seluruh perlengkapan pemungutan suara harus diterima PPS paling lambat H-1.

"Hari ini adalah H-1, dan proses distribusi sudah berjalan, kami sudah berkoordinasi dengan Bawaslu, Polrestabes, Polres Tanjung Perak agar proses distribusi dari PPS ke KPPS bisa dilakukan pengawasan dan pengamanan," terangnya.

Mengenai kendala, Syamsi mengungkapkan belum ada laporan yang diterima mengenai kendala pendistribusian.

Mengenai penggunaan hak suara, Syamsi menargerkan partisipasi di Pemilu 2024 lebih tinggi daripada Pemilu 2019, di tahun 2019 menargetkan 82 persen untuk Pilpres, 78 persen untuk Pileg.

"Kami berharap jauh lebih baik dari itu (tahun lalu), kami sudah berkolaborasi hingga pihak swasta pun turut mendorong partisipasinya meningkat, saya merasa yakin dulu 82 persen untuk Pilpres sekarang meyakini di atas 85 persen," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi KPU Surabaya Nur Syamsi TPS kunjungan TPS pemilu2024