Terima Kunjungan Dubes Arab, Yaqut Bahas soal Haji dan Industri Halal

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

14 Juni 2023 14:06 14 Jun 2023 14:06

Thumbnail Terima Kunjungan Dubes Arab, Yaqut Bahas soal Haji dan Industri Halal Watermark Ketik
Menag menerima kunjungan  Dubes Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al -Amudi, Rabu (14/6/2023). (Foto: Kemenag RI)

KETIK, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini, Rabu (14/6/2023) menerima kunjungan kerja Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi. Pertemun berlangsung di Kantor Kemenag Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta.

Pertemuan Menag dengan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia iti membahas  pelaksanaan ibadah haji 1444 H/2023 M hingga kerja sama di bidang industri halal.

Faisal bin Abdullah Al-Amudi dalam pertemuan itu mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam menyukseskan pelaksanaan ibadah haji mulai keberangkatan hingga kedatangan di Tanah Suci.

"Saya melihat persiapan yang dijalankan dengan baik sekali dalam melayani jemaah haji," kata Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Rabu (14/6/2023).

Katanya, dia juga mengikuti semua pergerakan jemaah haji Indonesia termasuk petugas dan Dubes Indonesia di Arab Saudi, Semua upaya yang dilakukan sangat luar biasa. Pemerintah Arab Saudi merasa sangat terhormat bisa memberikan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia.

Menanggapi hal itu,  Menag Yaqut menyampaikan, masyarakat Indonesia juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan haji dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Inovasi layanan seperti fast track dan bio visa juga memberikan kemudahan bagi jemaah haji Indonesia.

"Intinya kami berterima kasih kepada pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan kebijakan memudahkan jemaah haji Indonesia di Tanah Suci," ujar Gus Men, nama akrab Menag.

Menag menambahkan,  baru-baru ini ia melaporkan ke Presiden Jokowi terkait pelaksanaan ibadah haji. Menurut Menag, Presiden mengharapkan ke depan kerja sama di bidang haji semakin baik.

"Presiden mengharapkan hubungan perdangan antara Indonesia dengan Arab Saudi semakin ditingkatkan. Termasuk kerja sama industri halal kedua negara," kata Gus Men.

Saat ini kerja sama industri halal Indonesia-Arab Saudi tinggal penandatanganan MoU. Presiden Jokowi ingin MoU tersebut dapat segera diwujudkan dengan ditandatanganinya MoU oleh kedua negara. (*)

Tombol Google News

Tags:

Faisal bin Abdullah Al -Amudi Menag Yaqut Cholil jemaah haji Indonesia Industri halal