Menag Yaqut ke Saudi, Cek Kesiapan Puncak Haji dan Hadiri Muktamar

Jurnalis: S. Widodo
Editor: Marno

20 Juni 2023 02:32 20 Jun 2023 02:32

Thumbnail Menag Yaqut ke Saudi, Cek Kesiapan Puncak Haji dan Hadiri Muktamar Watermark Ketik
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan petugas haji Indonesia setibanya di Bandara King Abdul Aziz Makkah. (Foto: Kemenag RI)

KETIK, JAKARTA – Puncak haji tinggal beberapa hari lagi, Menag Yaqut Cholil Qoumas melakukan pengecekan terkait persiapan penyelenggara menjelang puncak haji 1444 H/ 2023. Menag juga meminta jamaah haji Indonesia mulai fokus pada puncak ibadah haji.

Hal itu dikatakannya saat mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz International Airport (KAIA), Jeddah. "Karena itu saya  datang untuk mengecek kesiapannya," kata Menag kepada Media Center Haji (MCH) sesaat setelah mendarat di bandara, Senin (19/6/2023).

Dia mengatakan akan melakukan tinjauan ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) untuk melihat dan mengonsolidasikan bagaimana kesiapan  penyelenggara haji untuk.jemaah Indonesia. Jika ada hal-hal yang kurang bisa segera ditutupi.

Secara khusus, Gus Yaqut meminta jemaah haji Indonesia terutama lansia untuk fokus menyambut puncak haji dengan menjaga fisiknya. Menag meminta jemaah mengurangi ibadah-ibadah yang sifatnya sunnah.

Menjaga fisik dan tidak memforsir ibadah-ibadah sunnah. Sekarang fokus pada puncak ibadah haji. Ibadah haji tinggal beberapa hari, tolong dihemat tenaganya.

"Ibadah ibadah sunnah sudah dilakukan, sekarang fokus pada puncak ibadah haji. Semoga berjalan lancar dan tidak terjadi peristiwa peristiwa yang tidak kita inginkan," kata Gus Yagut menyemangati para jemaah.

Selain pengecekan, kedatangan Menag  ke Arab Saudi untuk menghadiri Muktamar Taisyir 1444 H/2023 M yang diselenggarakan Pemerintah Arab Saudi. Muktamar yang dihadiri Menteri Agama sedunia ini akan membahas terkait Fiqih Ibadah haji.(*)

Tags:

Menag Yaqut Cholil Qoumas jemaah haji Indonesia Fokus puncak haji Muktamar
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 21. Home Sidebar 4 04. Home Sidebar 1