Terobosan Perpustakaan Kota Batu, Gandeng Sekolah Bikin Ekstrakurikuler dan Wisata Literasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

13 September 2023 07:33 13 Sep 2023 07:33

Thumbnail Terobosan Perpustakaan Kota Batu, Gandeng Sekolah Bikin Ekstrakurikuler dan Wisata Literasi Watermark Ketik
Pengunjung membaca buku di Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu terus berupaya menaikkan jumlah kunjungan. Salah satunya lewat kerja sama dengan sekolah. Yaitu menjadikan kunjungan ke perpustakaan sebagai ekstrakurikuler di sekolah. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu Shanti Restuningsasi mengatakan, kerjasama tersebut terbukti menaikkan kunjungan perpustakaan yang ada di Jl Kartini Kota Batu tersebut. 

"Sangat meningkat sekali, kenaikkan sangat signifikan. Karena kita MOU dengan sekolah-sekolah. Jadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler sekolah adalah mengunjungi perpustakaan," katanya, Rabu (11/9/2023).

Selain itu, Shanti mengutarakan, perpustakaan tidak hanya sebagai tempat membaca buku tetapi juga sebagai tempat pelatihan literasi. Perpustakaan Kota Batu juga kerap menjadi tempat wisata edukasi bagi siswa TK maupun SD.

"Kita menjadwalkan sekolah-sekolah di Kota Batu untuk berkunjung ke perpustakaan. Akhirnya, kunjungan sangat meningkat tajam," tambahnya.

Perpustakan Umum Daerah Kota Batu berdiri megah dua lantai sejak Februari 2021. Saat ini perpustakaan berluas 700 meter tersebut memiliki 32 ribu koleksi buku dan ribuan koleksi e-book. 

Shanti mengutarakan, kunjungan masyarakat ke perpustakaan Kota Batu mencapai 2.500 orang per bulan di tahun 2023. Jumlah tersebut naik signifikan dari tahun 2022 yang hanya 1.000 orang per bulan.

"Perpustakaan Kota Batu juga tersedia ruangan khusus disabilitas. Kami dapat hibah 100 judul koleksi braille untuk disabilitas," urainya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Perpustakaan Umum Daerah Kota Batu Kota Batu Wisata literasi Budaya membaca