Terpeleset, Wisatawan Malaysia Meninggal di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno

10 Mei 2023 10:47 10 Mei 2023 10:47

Thumbnail Terpeleset, Wisatawan Malaysia Meninggal di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Watermark Ketik
Jenazah Jhosepine ketika tiba di Rumah Sakit dr. Haryoto Lumajang

KETIK, LUMAJANG – Seorang wisatawan asal Selangor Malaysia, terjatuh di kawasan Wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Rabu (10/5/2023). Akibatnya korban, Josephine Tham Sook Min meninggal dunia karena kepalanya terbentur batu.

Kapolsek Pronojiwo Iptu Wahono Puji Santoso menjelaskan, korban Josephine Tham Sook Min terjatuh ketika menuruni lembah di air terjun Tumpak Sewu. Jhosepine berangkat ke air terjun Tumpak Sewu bersama suaminya. Saat istrinya jatuh, suami Jhosepine sempat memberikan pertolongan.

"Korban dievakuasi langsung dibawa ke puskemas. Namun belum sampai ke puskesmas, korban dinyatakan meninggal dunia," kata Kapolsek 

Kejadiannya sekitar pukul 11.00 siang, Jhosepine bersama suami menuruni lembah Tumpak Sewu. Nahas, wanita berusia 56 tahun itu terpeleset dan terjatuh ke lembah yang curam. Diduga kepala korban membentur batu sehingga nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Foto Keindahan wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang menarik wisatawan, namun jalan menuju lembah licin dan curam. (Foto: doladolen.com)Keindahan wisata Air Terjun Tumpak Sewu yang menarik wisatawan, namun jalan menuju lembah licin dan curam. (Foto: doladolen.com)

"Saat ini tim dari Satreskrim Polres Lumajang masih melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara) di lokasi," kata Iptu Wahono.

Setelah kejadian tersebut, wisata Tumpak Sewu ditutup untuk akses menuju ke lembah. Penutupan ini sampai batas yang belum ditentukan.

Jenazah Jhosephine langsung dibawa ke kamar mayat RS. dr. Haryoto Lumajang. Kini masih menunggu proses pemulangan menuju Selangor, Malaysia.

Foto Jalan menuju lembah di Wisata Air Terjun Tumpak Sewu  curam dan licin. (Foto: Wartaevent.com)Jalan menuju lembah di Wisata Air Terjun Tumpak Sewu curam dan licin. (Foto: Wartaevent.com)

Seperti diketahui, Wisata Air Terjun Tumpak Sewu merupakan tempat wisata yang lokasinya sekitar 60 km meter arah Selatan Kota Lumajang

Pemandangan sungguh menakjub berupa deretan air terjun yang membentuk tirai. Namun, rute menuju ke titik air terjun cukup ekstrem. Karena itu, wisatawan harus ekstra hati-hati saat menuju wisata alam yang lebih dekat dengan perbatasan Kabupaten Malang itu.

Masalah jalan setapak menuju lembah itu kondisinya jalan cukup licin dan curam di beberapa titik. Bila wisatawan kurang hati-hati bisa terpeleset seperti yang dialami korban Jhosepine.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Tumpak Sewe Wisawatan tewas di Tumpak Sewu Pronojiwo Lumajang Lumajang berita lumajang hari ini Berita Jawa Timur hari ini Dinas Pariwisata Lumajang