Tim Rescue Basarnas Bandung Evakuasi Korban Tabrakan KA Turangga

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

5 Januari 2024 05:02 5 Jan 2024 05:02

Thumbnail Tim Rescue Basarnas Bandung Evakuasi Korban Tabrakan KA Turangga Watermark Ketik
Tim Rescue Basarnas Bandung hingga Jumat (5/1/2024) siang mengevakuasi bangkai kereta api dengan menggunakan alat ekstraksi. (Foto: Iwa/Ketik.coid)

KETIK, BANDUNG – Tim Rescue Basarnas Bandung hingga Jumat (5/1/2024) siang ini tengah melaksanakan evakuasi terhadap korban kecelakaan tabrakan Kereta Api 66 Turangga dengan KA 350 Commuter Line Bandung Raya. Basarnas Bandung melaksanakan evakuasi kereta api dengan menggunakan alat ekstraksi. 

"Kami membentuk dua tim di lapangan. Pertama, tim evakuasi dan yang kedua tim pendataan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka. Jumlah korban masih dalam pendataan," kata Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika.

Sebelumnya Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus memastikan, seluruh penumpang KA baik penumpang KA 66 Turangga maupun KA 350 Commuter Line yang jumlahnya 287 orang, dalam kondisi selamat.

Tak ada penumpang yang tewas, kecuali satu orang tewas yakni masinis KA Commuter Line. Sementara dua lainnya yakni satu orang asisten masinis lokomotif KA Commuter Line (Padalarang-Cicalengka) dan seorang lagi pramugara KA Turangga mengalami luka berat.

Korban lainnya adalah 6 penumpang luka sedang dan 14 luka ringan. Mayoritas hanya luka ringan dan sebagian di antaranya dievakuasi ke RSUD Cicalengka untuk ditangani secara medis.

Seperti diberitakan, Jumat (5/1/2024) pukul 06.03 WIB pagi tadi, telah terjadi tabrakan 'adu bagong' antara KA 350 Commuter Line dengan KA 66 Turangga, tepatnya di Petak Cicalengka - Haurpugur Km 191, dekat sinyal masuk Stasiun Haurpugur.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

Kereta Api tabrakan kereta api ka turangga KABUPATEN BANDUNG Basarnas KAI