Timnas Wushu Indonesia Berjaya! Kumpulkan 6 Emas, Jadi Juara Umum SEA Games

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

12 Mei 2023 23:28 12 Mei 2023 23:28

Thumbnail Timnas Wushu Indonesia Berjaya! Kumpulkan 6 Emas, Jadi Juara Umum SEA Games Watermark Ketik
Pewushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo saat meraih medali emas SEA Games 2023 yang diserahkan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: PB WI)

KETIK, JAKARTA – Timnas Wushu Indonesia membuat kejutan di ajang multi event dua tahunan negara Asia Tenggara edisi ke-32 ini. Pasukan Merah Putih yang dibentuk Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto itu sukses mengoleksi 6 medali emas, 6 perak dan 2 perunggu.

Itu membuat tim Indonesia meraih gelar juara umum pada cabang olahraga Wushu SEA Games 2023 Kamboja.

Prestasi yang dicatat Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan ini mengulang sukses yang pernah diraih pada 12 tahun lalu yakni di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang. Saat itu Timnas Wushu Indonesia menjadi juara umum dengan meraih 8 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

"Saya apresiasi perjuangan Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan yang telah berhasil mengembalikan kejayaan Wushu Indonesia dengan merebut gelar juara umum di SEA Games 2023.  Prestasi ini pernah dicapai pada SEA Games 2011 Jakarta-Palembang," kata Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto Jumat malam, (12/5/2023) malam.

Pada pertandingan hari terakhir yang berlangsung di Hall A Chroy Congvar, Phnom Penh, Jumat, (12/5/2023) dari pagi hingga sore, Indonesia merebut 4 medali emas. Atlet Taolu Senior, Edgar Xavier Marvelo mengawali dengan merebut medali emas Changquan Putra.

Sukses ini diikuti Rosa Beatrice yang meraih emas nomor Sanda kelas 45kg putri, Tharisa Dea Florentina dengan medali emas kelas 52kg putri, Laksamana Pandu dengan emas 52kg putra. Terakhir, Bintang Reindra Nada Guntara di kelas 56kg putra.

"Keberhasilan Timnas Wushu Indonesia tidak terlepas dari dukungan dan komitmen Pak Airlangga Hartarto dalam membangun prestasi wushu Indonesia. Bukan hanya  program pembinaan berjenjang dan berkesinambungan dilaksanakan tetapi pengiriman atlet di berbagai kejuaraan internasional rutin dilakukan dan juga menggelar event internasional di dalam negeri seperti Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 lalu," kata Sekjen PB WI, Ngatino yang hadir setiap hari di tempat pertandingan bersama Ketua Pengprov WI DKI Jakarta, Gunawan Tjokro untuk memberikan dukungan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wushu Indonesia Juara Umum SEA Games Kamboja