UIGM Dirikan Fakultas Kedokteran, Siap Cetak Dokter Berkualitas

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Mustopa

29 September 2024 13:21 29 Sep 2024 13:21

Thumbnail UIGM Dirikan Fakultas Kedokteran, Siap Cetak Dokter Berkualitas Watermark Ketik
Soft Opening Fakultas Kedokteran UIGM yang berlangsung di Kampus UIGM Palembang pada Sabtu, 28 September 2024. (Foto: UIGM for Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) baru saja mendirikan Fakultas Kedokteran dengan program Sarjana Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter yang mulai dibuka pada tahun ini.

Rektor UIGM, Marzuki Alie menjelaskan, Yayasan Indo Global Mandiri telah mendapatkan izin dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk membuka program studi kedokteran bagi para lulusan SMA/SMK di Sumatera Selatan (Sumsel).

“Keputusan ini merupakan langkah penting dalam upaya UIGM untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan bidang kesehatan di Indonesia umumnya dan Sumsel khususnya,” kata Marzuki, Minggu 29 September 2024.

Marzuki menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran UIGM didirikan karena beberapa alasan utama, salah satunya kebutuhan tenaga dokter dan kesehatan di Indonesia serta rendahnya pelayanan kesehatan di Indonesia, terutama di daerah-daerah pedesaan.

Selain itu, pembukaan Fakultas Kedokteran memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia yang pintar dan cerdas namun memiliki keterbatasan finansial. Fakultas Kedokteran UIGM dibuka untuk mengakomodasi hal itu

Saat ini, UIGM telah menyiapkan puluhan dosen tetap yang akan segera diangkat untuk mendidik mahasiswa kedokteran. Pada tahun pertama, UIGM menargetkan dapat menampung setidaknya 50 mahasiswa kedokteran.

Proses pembelajaran mahasiswa kedokteran nanti akan dibantu dengan perangkat digital bernama Anatomage yang menampilkan anatomi tubuh manusia secara virtual, sehingga memungkinkan visualisasi dan simulasi tubuh manusia dalam bentuk tiga dimensi.

“Kita juga mempunyai tablet anatomi Anatomage, sederhananya disebut juga dengan mayat digital sesuai dengan kebutuhan yang dipersyaratkan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan,” sebut dia.

Dia juga menyebutkan, Fakultas Kedokteran UIGM memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan kesehatan masyarakat Sumsel yang secara topografi wilayahnya sebagian besar merupakan wilayah rawa dan perairan.

Untuk kelas perdana, Marzuki menyampaikan, pihaknya akan diberikan biaya kuliah spesial dan 10 persen dari jumlah mahasiswa baru akan mendapatkan beasiswa dari yayasan.

Marzuki menambahkan, UIGM telah dikenal sebagai kampus dengan reputasi keunggulan akademis dan inovasi yang konsisten. Hal ini dibuktikan dengan UIGM yang berhasil menduduki peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Sumatera pada tahun 2023 dan 2024.

Menurutnya, pendirian Fakultas Kedokteran ini juga menjadi upaya untuk mempertahankan keunggulan akademis dan mencetak lulusan-lulusan muda yang siap mengabdi untuk masyarakat.

“Dengan diterimanya Surat Keputusan ini, UIGM semakin memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan terkemuka yang siap mencetak generasi dokter yang berkualitas,” ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

fakultas Kedokteran uigm Palembang Sumsel Jurusan Dokter kesehatan