UKM Bumi Aji Kota Batu Raih Juara 1 UKM Berprestasi Jatim 2024

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

1 Agustus 2024 04:43 1 Agt 2024 04:43

Thumbnail UKM Bumi Aji Kota Batu Raih Juara 1 UKM Berprestasi Jatim 2024 Watermark Ketik
Rakhmad didampingi Kepala Diskop Kota Batu, Aries Setiawan menerima penghargaan Juara I UKM Berprestasi Jawa Timur Tahun 2024. (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Bumi Aji Sejahtera Kota Batu meraih Juara I UKM Berprestasi Jawa Timur Tahun 2024 kategori makanan dan minuman.

UKM milik Rakhmad Hardiyanto berhasil mengalahkan empat nominator lainnya yaitu PT. Rumah Deltasari indah Kabupaten Sidoarjo, CV. Bintang Anugrah Kota Mojokerto, Poty Kabupaten Malang, dan Clemat Clemut Kota Malang.

Rakhmad yang didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu, Aries Setiawan menerima langsung penghargaan yang diserahkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Joko Irianto, mewakili Pj Gubernur Jawa Timur di Grand City Surabaya (31/07/2024). 

"Selamat kepada Bumi Aji Sejahtera yang berhasil menjadi Juara I. Mudah-mudahan prestasi ini dapat menjadi semangat para pengusaha UKM di Kota Batu untuk mengembangkan bisnisnya," kata Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai

Aries mengaku bangga dengan prestasi UKM Bumi Aji Sejahtera Kota Batu. Prestasi tersebut membuktikan pelaku UKM sebagai sebuah entitas yang mampu menggerakkan potensi sumber daya manusia dan alam untuk memperkuat kemandirian ekonomi daerah.

"Prestasi ini juga menjadi pelecut UKM Kota Batu untuk meningkatkan standard produknya dan memperluas penetrasi pemasaran produknya baik di dalam dan luar negeri," harapnya.

Aries menjelaskan, penghargaan UKM Berprestasi Jawa Timur 2024 telah berlangsung penilaiannya sejak Juni 2024. Ada sejumlah 195 UKM yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi tersebut. 

Selanjutnya setelah melalui tahap verifikasi dokumen secara offline, terdapat 30 UKM yang lolos pada tahap verifikasi. 

"Kemudian diseleksi lagi hingga terpilih 10 UKM yang terdiri dari masing-masing 5 UKM fashion-kriya dan 5 UKM makanan-minuman," jelasnya.

Lebih lanjut Aries menguraikan, indikator penilaian sangat lengkap meliputi kelengkapan legalitas, proses pemberdayaan masyarakat, rekrutmen karyawan, cara pemasaran, daya juang produksi hingga memastikan usaha mereka ramah lingkungan.

Tak ketinggalan kemampuan mengekspor maupun menjual produk ke luar provinsi. 

"Dengan berbagai indikator yang dilombakan tentu akan terus mendorong UKM meningkatkan manajemen bisnisnya serta menghasilkan produk yang semakin berkualitas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu UKM Berprestasi Jawa Timur Tahun 2024 UKM Bumi Aji Sejahtera